Menjadi seorang entrepreneur harus menjadi ahli strategi bisnis yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur fokus kepada pencapaian tujuan bisnis mereka  sembari memperhatikan perubahan lingkungan bisnis, baik lingkungan individu, lingkungan internal bisnis, lingkungan eksternal bisnis yang memiliki karakteristik selalu berubah, tidak pasti, mengalami turbulensi dan tidak bisa dikontrol. Hal ini harus menjadi perhatian entrepreneur. oleh karena itu, entrepreneur perlu melakukan beberapa hal

1.       Fokus dalam menetapkan tujuan perusahaan
Dasar yang harus dipegang oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana tujuan bisnis mereka itu dapat ditulis dengan tepat. Artinya, tujuan bisnisnya harus bisa mencerminkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan memiliki time table yang jelas. Ini adalah tujuan akhir yang harus didefinisikan dengan baik oleh setiap entrepreneur.

2.       Fokus pada perubahan lingkungan bisnis
Setelah itu, entrepreneur harus bisa fokus pada perubahan lingkungan bisnis yang ada di bisnis mereka. Lingkungan internal dan eksternal adalah fakta disekitar bisnis dan memiliki karakter yang selalu berubah, tidak pasti, tidak dapat dikontrol dan mengalami turbulensi. Setiap perubahan harus disadari dengan membaca berbagai sumber seperti media cetak, elektronik dan bahkan dilihat, didengar, dan dirasakan oleh setiap entrepreneur.

3.       Menganalisis dampak perubahan lingkungan bisnis
Entrepreneur harus memiliki critical thinking yang kuat. Artinya, mereka harus bisa mengkritisi setiap hal yang datang kepada mereka khususnya dari lingkungan bisnis. Tentu konteksnya adalah bagaimana perubahan lingkungan itu berupa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.

4.       Menetapkan strategi bisnis

Strategi bisnis menjadi penting ketika entrepreneur sudah melakukan analisis lingkungan bisnis yang selalu berubah tadi. Semuanya harus dilihat dalam konteks bagaimana entrepreneur memilih sebuah strategi yang menggambarkan pilihan terbaik dalam bisnis. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: