Bagaimana caranya sih membuat perencanaan sebuah publikasi yang baik ? tentu itu merupakan pertanyaan kritis yang biasa dilontarkan oleh para entrepreneur yang ingin benar benar mencitrakan positif usahanya.  Seperti sudah dibahas diartikel sebelumnnya bahwa pencitraanyang maksimal akan didapatkan hanya jika setiap publikasi yang kita lakukan itu memiliki aspek 5 P (Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkomunikasian, Penilaian, Pengevaluasian).


Kini kita akan bahas tentang bagaiman teknik untuk melakuka perencan publikasi yang sebenarnya anda metodenya semua sudah ketahui namun jarang anda aplikasikan dalam kegiatan publikasi anda. Saat sekolah pelajaran Bahasa Indonesia dulu, kita belajar bagaimana membuat sebuah laporan.  Tentunya sang Guru akan menjelaskan metode 5 W 1 H.


5W1H yang terdiri dari what/apa, who/siapa, where/dimana, when/kapan, why/mengapa, dan how/bagaimana. Tentu bagi anda ini merupakan pelajaran saat kita duduk di bangku SD, pasti setiap orang tahu akan apa itu 5W1H kecuali anda memang tidak memperhatikan guru saat berbicara di kelas tentunya.


Pertama anda harus jawab what/apa. Apa yang ingin anda sampaikan pada publik, produk apa, atau pesan apa yang ingin anda sampaikan pada publik. Tentu hal ini membuat anda lebih mudah menentukan langkah langkah selanjutnya. Tips dalam menentukan what adalah, usahakan pesan yang dikirim kepublik merupakan pesan yang baik bagi publik itu sendiri. Jangan membuat pesan bahwa produk tetangga lebih buruk, ini tentunya akan membuat citra perusahaan anda semakin turun.


Kedua anda jawab pertanyaan who/siapa. Publik mana yang akan menerima pesan anda, tentunya siapa yang akan menerima pesan anda. Tentukan segmen produk anda segera, dengan menentukan segment maka anda telah mempermudah diri sendiri untuk menjawab pertanyaan ini. Jangan membuat diri anda susah dan jangan lakukan publikasi yang sia sia dan hanya membuang biaya saja.


Ketiga anda harus menjawab where/dimana. Tentu sebuah pesan publikasi harus anda tentukan dimana anda akan melepasnya. Pastikan tempat anda menyimpan publikasi anda di tempat yang mana banyak segment anda berada. Jika anda menggunakan media siar seperti televisi, dimana anda menjual produk yang dikonsumsi oleh anak anak, maka tempatkan publikasi anda lebih banyak di saat anak anak sedang menyaksikan film favoritnya. Selain itu tempatkan sesekali di tayangan televisi saat disaksikan juga oleh para orang tua. Tentu hal ini akan membuat anak berkeinginan untuk membeli produk anda, selain itu saat anak meminta pada orang tua, para orang tua sudah tahu akan produk anda. Tentu hal tersebut bisa menambah ketenangan kosnumen dalam membeli produk anda.


Keempat anda jawab when/kapan. Jika anda membaca dengan seksama where/dimana di atas anda pasti sudah bisa menjawab kapan anda harus melakukan publikasi. Selain waktu yang tepat anda harus pikirkan apakah pesan ini sesuai dengan waktu yang sedang berjalan. Jangan sampai anda membuat pesan selamat hari raya Idul Fitri, dimana pesan itu publik lihat saat sudah melewati masa Idul Adha.


Kelima anda harus menjwab why/mengapa. Ingat pertanyaan kritis ini harus anda pertanyakan pada diri anda sendiri, dan anda harus punya jawabannya. Jika anda memiliki tim untuk melakukan kegiatan publikasi maka anda harus terus bertanya mengapa mereka melakukan hal itu. Tentu hal ini akan sedikit menjengkelkan namun dengan sikap kritis kita, hal tersebut bisa membuat pesan kita lebih efektif diterima oleh masyarakat.


Dan yang tak kalah pentingnya anda harus bisa menyelesaikan pertanyaan how/bagaimana. Tentu semua meteri publikasi anda sudah anda rencanakan dengan sedemikian rupa, dari langkah pertama hingga kelima. Setelah menghasilkan sebuah marteri publikasi atau pesan, tentu anda harus bertanya pada diri anda atau tim anda bagaimana caranya melakuakn publikasi ini. Jika pesan ini disampaikan melalui media siar televisi, maka bagaimana kita mendapatkan air time di televisi. Jika dikoran, bagaimana caranya kita mendapatkan space untuk pesan kita. Atau di media manapun itu, anda harus tahu baagimana caranya kita bisa menempatkan pesan kita untuk bisa dikonsumsi oleh publik sesuai dengan rencana kita.


Bagaimana sahabat SnB, anda sudah siap melakukan perencanaan publikasi untuk perusahaan anda. Jika sudah siap tidak ada kata terlamabt, sekarang anda harus action segera.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: