Assalamualaikum wr. Wb. 
Kang Meriza, saya selalu mendapatkan pelajaran tentang hubungan antara teknologi dengan bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Mereka bilang bahwa teknologi sangat penting untuk membangun dan membersarkan bisnis. Apalagi melihat kondisi bisnis saat ini yang terus dihadapkan pada tingkat kompetisi yang begitu tinggi.

Ada satu pertanyaan yang selalu ada dibenak saya, kang. Bagaimana memanfaatkan teknologi untuk bisnis saya? Yang saya ketahui, memang teknologi sangat penting untuk bisnis, akan tetapi, ketika seorang entrepreneur akan menerapkan dalam bisnisnya, terkendala dengan biaya yang tidak murah. Bahkan sangat tinggi dan tidak terjangkau oleh para entrepreneur, apalagi seperti saya.

Saya melihat sendiri teman-teman saya dalam menjalankan bisnis mereka. untuk menerapkan satu teknologi dalam proses bisnis mereka, harus berinvestasi yang luar biasa dan bagi saya, tidak mungkin untuk berinvestasi sebesar itu untuk saat ini. terlalu tinggi pak. Kalau saya paksakan, akan berdampak pada cash flow bisnis saya. 

Beberapa waktu yang lalu juga saya ditawarin oleh salah satu konsultan manajemen untuk menerapkan metode dan teknologi yang mereka miliki. Mereka sudah menerapkannya diberbagai perusahaan dan berhasil. Mereka juga menawarkan pembayaran yang bertahap untuk perusahaan saya.

Oleh karena itu, mohon saran dari Kang Meriza untuk perusahaan saya ini karena saya tidak berharap salah langkah dalam bisnis ini. Saya tidak mau bangkrut, kang. Karena ini adalah bisnis saya yang akan saya kembangkan kedepannya. Atas saran dari akang, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Iyan K, Cibaduyut

Waalaikum salam
Pa kabar Kang Iyan. Semoga akang sehat dan sukses dalam menjalankan bisnis nya ya.. O iya, saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa bisnis tidak bisa dilepaskan dari teknologi, apalagi dalam konteks persaingan yang semakin tinggi. Bagi saya, teknologi tersebut bisa menjadi sumber competitive advantage bagi setiap entrepreneur dalam membangun bisnis mereka. Persaingan menuntut perusahaan yang bisa memberikan value yang terbaik bagi konsumen dan peranan teknologi sangat stratejik.
 
Berbicara teknologi, jangan terjebak pada beberapa hal. Pertama, jangan terjebak dengan konsep teknologi. Teknologi itu berasal dari metode yang kita gunakan dalam bisnis. Teknologi adalah bentuknya. Kalau dihubungkan dengan bisnis akang, bagaimana metode yang dijalankan dalam bisnis akang tersebut. Bagaimana proses bisnis yang ada dalam bisnis akang selama ini. 

Kedua, jangan terjebak dengan tawaran teknologi yang disampaikan oleh konsultan karena yang mengerti bisnis akang itu adalah akang sendiri. Seringkali teman-teman entrepreneur terjebak menggunakan jasa konsultan yang belum tentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh bisnis akang. Kalaupun mau menggunakan teknologi dari mereka, pahami kembali metode dalam proses bisnis akang biar bisa mendampingi konsultan dalam menganalisis setiap teknologi yang mereka tawarkan.

Oleh karena itu, saya sarankan akang untuk memahami metode yang ada dalam setiap proses bisnis akang karena disitulah awal bagaimana setiap entrepreneur dapat menciptakan teknologi yang tepat guna bagi bisnis mereka. Saya selalu menyarankan entrepreneur untuk membuat Standard Operation Procedure agar bisa diketahui metode yang ada dalam setiap proses bisnis mereka.  

Kang Iyan juga perlu menganalisis setiap prosedur yang dibuat dan dinilai bagaimana capaiannya. Barulah dari sini akang bisa memperkirakan teknologi yang akan digunakan untuk bisnis kita sendiri. Kesesuaian teknologi sangat penting agar bisa memberikan keunggulan bersaing pada bisnis akang dibandingkan dengan para pesaing.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: