Assalamualaikum wr. Wb. 
Terima kasih atas kesempatan memberikan pertanyaan dalam rubrik yang Kang Meriza kelola ini. rubrik ini sangat penting dalam memberikan peningkatan knowledge kami sebagai entrepreneur yang berkeinginan untuk menumbuhkembangkan bisnis saat ini dan yang akan datang. 

Ada satu masalah yang saya hadapi berhubungan dengan penetapan harga dari jasa yang saya tawarkan kepada konsumen. Selain menjalankan bisnis rutin berupa digital printing, saya juga menjalankan bisnis berupa jasa pembuatan software yang dibutuhkan oleh banyak orang dan perusahaan. 

Selama ini, saya seringkali ditanya ketika membuat satu program, berapa harga yang saya tetapkan untuk program tersebut. Menurut saya, harga yang saya tawarkan sudah bagus dan sesuai dengan kualitas produk yang saya hasilkan. Akan tetapi, seringkali saya mendapatkan tanggapan bahwa produk yang saya tawarkan mahal. 

Hal ini membuat saya merasa kok harga produk saya ditanggapi kurang baik oleh para konsumen? Saya kecewa dengan tanggapan konsumen tersebut dan membuat saya berfikir, apa yang salah dengan penawaran saya ini? Harapan saya adalah produk saya tersebut bisa diterima dengan  harga yang sesuai dengan kualitas produk yang sudah saya buat. 

Oleh karena itu, saya mohon saran dari akang tentang permasalahan yang saya hadapi ini. dimana letak salah saya? Terima kasih atas tanggapan yang akang berikan.
Hormat saya,
Viky, Cimahi.

Waalaikum salam
Pa kabar Viky? Semoga kabarnya sehat dan terus sukses dalam bisnisnya. Komitmen viki untuk maju sangat luar biasa dan teruslah belajar, belajar dan belajar dari kondisi yang dihadapi karena itulah faktor yang utama dalam membangun a knowledge based young entrepreneur dalam setiap bisnis kita. Belajar itu tidak harus selalu hanya membaca tulisan, teori dan lain-lain. Akan tetapi, lebih kepada bagaimana belajar dari pengalaman sehingga dapat diambil pelajaran dan melakukan perbaikan terus menerus. 

Permasalahan penetapan harga dalam setiap produk yang ditawarkan oleh entrepreneur adalah masalah klasik. Jadi, wajar Viky menghadapi masalah tersebut. Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika kita menetapkan harga. Yang pertama adalah kita harus mengetahui siapa pasar kita. Market adalah tujuan dari produk kita karena market lah yang memiliki uang setiap entrepreneur. 

Konsep segmentasi dan targetting harus jelas untuk setiap entrepreneur. Apakah pasar kita itu dalam skala menengah bawah atau menengah atas. Ini penting agar jelas kesesuaian antara yang disyaratkan oleh pasar dengan apa yang kita tawarkan. 

Yang kedua adalah bagaimana menentukan harga. Saya melihat yang paling utama diperhatikan adalah struktur biaya (cost structure) dalam produk tersebut. Ini penting agar kita mengetahui faktor mana yang bisa kita kelola dalam biaya tersebut. struktur biaya ini bisa juga dilihat dari pasar atau pesaing lainnya. 

Kemudian, dilihat strategi penetapan harga yang diantaranya adalah apakah market price dimana penetapan harga berdasarkan harga pasar. Disini, entrepreneur bisa menetapkan harga dibawah pasar, sama denganpasar atau di atas harga pasar. Lain lagi kalau strategi mark up dimana harga ditetapkan dengan menambah 10 atau 20 persen dari total biaya untuk memproduksi. Strategi lainnya adalah psychology price. 

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan untuk menetapkan harga sehingga didapatkan harga yang tepat bagi produk yang kita jual.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: