Indonesia merupakan Negara yang cukup di lirik ke 9 Negara anggota Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) lainnya. Salah satu buktinya mengenai penggunaan bahasa, di beberapa kampus di Thailand bahasa Indonesia menjadi bahasa favorit bahkan mahasiswanya fasih berbicara bahasa Indonesia.


Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, Brahma Mahendra, yang baru pulang mengikuti kegiatan "Indonesia Youth Culture Exchange" 2016 di Negeri Gajah Putih, Jumat, mengatakan  mata kuliah bahasa Indonesia yang paling favorit di antara bahasa ASEAN lainnya di Thailand. 


"Dari diskusi yang kami ikuti, ternyata ketertarikan untuk belajar bahasa Indonesia itu didukung kenyataan bahwa dalam organisasi ASEAN ada tiga negara yang memakai Bahasa Indonesia atau Melayu, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam," katanya menjelaskan.


Menurut dia, banyak mahasiswa Thailand fasih berbahasa Indonesia. "Saat mengunjungi kampus Universitas Thammasat di Thailand, saya terkejut mendapatkan sambutan dengan bahasa Indonesia yang fasih oleh mahasiswa di sana," kata Brahma.


Indonesia Youth Culture Exchange (IYCE) merupakan program yang mengajak seluruh pemuda yang ada di Indonesia untuk berpartisipasi memperkenalkan budaya Indonesia di Thailand, dengan tema "Strengthening the Role of Youth to Preserve the Cultural Heritage of ASEAN".


Untuk mempersiapkan berbagai peluang yang ada di Indonesia, berbagai Negara berburu ilmu dan Budaya Indonesia supaya dapat beradaptasi nantinya. Hal ini bisa menjadi kebanggaan, tetapi juga bisa menjadi tantangan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: