Entrepreneur dalam membangun bisnis adalah bagaimana entrepreneur fokus pada pembangunan reputasi perusahaan ditengah tingginya tingkat persaingan bisnis yang begitu cepat. Waktunya entrepreneur yang ingin mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan sehingga mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membangun reputasi perusahaan adalah

1.       Membangun core competency bisnis
Tugas utama seorang entrepreneur dalam membangun reputasi perusahaan adalah bagaimana mereka fokus membangun kompetensi inti dari bisnsi yang mereka jalankan. Hal ini menjadi dasar bagi setiap entrepreneur ketika persaingan bisnis yang semakin tinggi untuk mencapai keunggulan bersaing.

2.       Membangun produk yang unggul
Produk yang unggul itu sangat berhubungan dengan bagaimana entrepeneur memiliki produk yang lebih baik dari pada orang lain. Keunggulan ini dilihat pada aspek bentuk, kualitas, dan harga serta layanan yang diberikan kepada konsumen.

3.       Melakukan marketing communication
Entrepreneur harus membuat program komunikasi untuk produk tersebut kepada stakeholders dengan konsep integrated marketing communication melalui iklan, personal selling, sales promotion, public relations sampai direct marketing yang didesain untuk bisa mendapatkan attention, interest, desire sampai dengan action dengan membeli produk.

4.       Melakukan management communication
Entrepreneur harus bisa mengkomunikasikan tim manajemen perusahaan sehingga dikenal oleh stakeholders yang dilihat dari bagaimana mereka menerapkan konsep good corporate governance sampai dengan konsep profesionalisme manajemen.

5.       Melakulan corporation communication
Entrepeneur harus mengkomunikasikan aktivitas perusahaan seperti ikut organisasi professional, program Corporate Social Responsibility serta program lainnya sehingga stakeholders mengetahui aktivitas perusahaan.

6.       Bersahabat dengan media
Entrepreneur harus bisa bersahabat dengan media sehingga dapat menyampaikan berbagai hal tentang produk, manajemen sampai dengan perusahaan kepada mereka.

7.       Melakukan evaluasi dan kontrol serta melakukan perbaikan
Tugas yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur harus bisa melakukan evaluasi atas capaian komunikasi perusahaan, manajemen serta produk kepada stakeholders. Selanjutnya melakukan kontrol serta perbaikan secara terus menerus sehingga tujuan komunikasi dalam konteks attention, interest, desire dan action bisa tercapai.

Inilah beberapa tips Marketing Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: