Ada satu kondisi yang seringkali membuat para entrepreneur terjebak dengan konsep operational management dalam mengelola bisnis mereka. Kondisi yang kurang dipahami dengan baik sehingga membuat seharusnya perusahaan berjalan dengan baik, akan tetapi, malah terhenti dengan alasan tidak tersedianya dukungan fasilitas.

1.       Mindset tentang karyawan itu adalah tim  yang bekerja untuk mencapai tujuan
Yang paling utama dalam konteks mindset setiap karyawan adalah bagaimana tim yang bekerja di perusahaan merupakan asset yang sangat berharga untuk mencapai tujuan. Inilah yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur ketika membangun bisnis yang kuat dan kokoh. Tidak dapat dipungkiri bahwa karyawan itulah yang menjadi point utama dalam pencapaian tujuan bisnis dengan dukungan fasilitas yang diperlukan untuk menjalankan setiap bagian pekerjaan.

2.       Memberikan gambaran pekerjaan  yang harus dikerjakan karyawan
Gambaran pekerjaan tersebut harus benar-benar jelas dalam konteks pekerjaan yang harus dijalankan karyawan.

3.       Mempersiapkan fasilitas untuk karyawan
Entrepreneur harus memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan perusahaan. fasilitas yang dibutuhkan akan membantu pencapaian tujuan sebagai sesuatu yang sudah ditetapkan.

4.       Memberikan pelatihan untuk menjalankan fasilitas
Entrepreneur berkewajiban untuk memberikan pelatihan untuk menjalankan fasilitas yang sudah ada. Pelatihan ini adalah bagaimana membuat setiap karyawan memiliki knowledge, skill dan attitude dalam menjalankan peralatan yang sudah dipersiapkan.

5.       Maintenance fasilitas
Entrepreneur juga perlu melakukan maintenance fasilitas  yang sudah dipersiapkan dengan baik. Tentu juga harus dilakukan secara berkala.

6.       Evaluasi atas penggunaan fasilitas
Entrepreneur harus melakukan evaluasi secara berkala atas penggunaan fasilitas yang sudah disiapkan. Tentu perbandingannya adalah bagaimana capaian terhadap hasil dalam perusahaan.

7.       Optimasi penggunaan fasilitas
Setiap karyawan harus bisa mengoptimasi setiap peralatan yang dimiliki perusahaan untuk kepentingan perusahaan sehingga investasi yang sudah disiapkan benar-benar dimanfaatkan dengan baik sehingga tujuan dapat dicapai. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: