Agen wisata konser musik dianggap peluang bisnis menjanjikan sehubungan tingginya minat masyarakat menyaksikan konser-konser musik musisi dunia.


Sebagian masyarakat rela merogoh koceknya lebih dalam demi menyaksikan musisi pujaannya di negeri orang. Pengamat musik Bens Leo mengatakan, di luar negeri hal tersebut sebetulnya sudah dipraktikan.


Tak sedikit agen-agen perjalanan menawarkan paket perjalanan nonton konser sambil berwisata. Misalnya para wisatawan tidak hanya mendapatkan nonton konser musik di suatu negara, tetapi berkesempatan mencicipi perjalanan wisata di sana.


"Jadi ini peluang bisnis baru," ujarnya.


Menurut Bens hingga kini belum banyak agen-agen wisata yang menawarkan hal itu. Sepengamatannya pernah ada beberapa pihak menyediakan paket perjalanan semacam itu, tetapi sifatnya hanya sementara.


Berkaca pada tingginya animo masyarakat Indonesia berburu konser-konser di luar negeri, hal ini menjadi peluang bisnis potensial.


Di samping itu, Bens melihat peluang lain yang bisa digarap yakni menawarkan paket perjalanan wisata konser musisi-musisi Indonesia ke negara-negara Asean seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sebab musisi-musisi Indonesia sedang digandrungi publik di negara-negara berbahasa Melayu tersebut.


"Saya pikir Indonesia memiliki keunggulan lebih karena kita punya tawaran wisata-wisata alam dan budaya."


Menurut dia, peluang ini perlu didukung dengan infrastrutkur yang memadai. Salah satu sarat yang harus dipenuhi yaitu gedung-gedung pertunjukan berskala besar dan bertaraf internasional. Fasilitas-fasilitas tersebut saat ini masih jauh dari harapan.


"Pemerintah harus mendukung hal ini," pungkasnya.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: