Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah program yang sangat mulia dan akan memberikan dampak jangka pendek, menengah dan panjang bagi para entrepreneur. akan tetapi, seringkali orang salah pengertian dalam konteks bagaimana menjalankan program CSR karena dirasakan itu adalah beban dari perusahaan besar.

Tidak salah memang, akan tetapi, pada hakekatnya, kalau dihubungkan dengan bisnis, perusahaan mikro, kecil dan menengah pun membutuhkan program ini untuk kepentingan membangun bisnis untuk jangka panjang. Oleh karena itu, beberapa hal  yang perlu dilakukan oleh para entrepeneur

1.       Menganalisis bisnis para entrepreneur
Bisnis para entrepreneur adalah point utama untuk membangun sebuah bisnis yang akan menjalankan program CSR sehingga perlu dipahami dengan baik karena tujuan program CSR itu juga harus memberikan kontribusi pada bisnis mereka, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

2.       Menganalisis lingkungan bisnis para entrepreneur
Lingkungan bisnis adalah bagian yang tidak terlepaskan dari bisnis setiap entrepeneur. Hal ini menjadi point utama membangun sebuah bisnis harus dijaga keseimbangan agar bisnis itu bisa terus berkembang dalam jangka panjang. Semuanya harus benar-benar dipahami dengan baik oleh para entrepreneur.

3.       Menganalisis stakeholders utama.
Memetakan stakeholders atau orang yang kena pengaruh atau mempengaruhi setiap kegiatan bisnis. Mereka juga merasakan bagaimana dampak dari kegiatan usaha atau bisnis mereka. Staholders utama berhubungan dengan bagaimana kepentingan mereka terhadap bisnis dan dampak mereka terhadap bisnis.

4.       Membuat program yang memberikan value kepada masyarakat
Program memberikan value kepada masyarakat sehingga dapat dirasakan oleh banyak masyarakat. Value ini berhubungan dengan apa yang mereka rasakan untuk kehidupan mereka masing-masing. inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepeneur untuk membangun masyarakat.

5.       Menyisihkan sebagian rejeki untuk masyarakat

Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepeneur bisa membangun sustainability atau keberlanjutan dari program CSR dari perusahaan mereka kepada masyarakat. Aktivitas tersebut diharapkan dapat berlangsung terus menerus dan tidak hanya terbatas kepada program pada waktu tertentu. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: