Proses bisnis  yang ada dalam perusahaan setiap entrepreneur adalah penting untuk dipahami dengan baik karena berhubungan dengan bagaimana pencapaian tujuan perusahaan yang jelas sudah ditetapkan oleh entrepreneur. tujuan untuk mencapai profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

1.       Menggambarkan aktivitas yang ada diproses bisnis
Aktivitas yang ada dalam perusahaan harus digambarkan dengan baik oleh entrepreneur karena berhubungan dengan bagaimana aktivitas itu memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan. lalu, pahami juga hubungan antara masing-masing aktivitas satu sama lain.

2.       Menentukan kesesuaian antara syarat untuk menjalankan proses bisnis dengan kompetensi karyawan
Yang tidak kalah penting bagi entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur mencari orang yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang diharapkan oleh sebuah sebuah posisi dalam menjalankan pekerjaan.

3.       Menentukan target
Entrepreneur menetapkan target yang hendak dicapai oleh setiap karyawan  yang ada di perusahaan. target yang benar akan ditentukan oleh specific, measurable, attainable, realistic serta adanya time table.

4.       Mempersiapkan metode
Dalam proses bisnis, entrepreneur harus mempersiapkan metode yang benar dalam menjalankan proses bisnis dengan baik. Metode ini berhubungan dengan standard Operation Procedure (SOP) dalam proses bisnis.

5.       Mempersiapkan anggara
Entrepeneur itu harus membuat anggaran yang mendukung pelaksanaan aktivitas yang ada dip roses bisnis. anggaran itu berhubungan dengan ketersediaan dana untuk menjalankan proses bisnis karena tanpa anggaran, aktivitas proses bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

6.       Mempersiapkan fasilitas pendukung
Inilah yang seringkali diabaikan oleh entrepeneur yaitu bagaimana fasilitas pendukung tidak mereka persiapkan dengan baik. Padahal, fasilitas pendukung seperti kantor, computer, printer, meja, kursi dan lain-lain adalah penting bagi setiap karyawan untuk menjalankan proses bisnis.

7.       Membuat list to do
Dalam aktivitas sehari-hari, entrepreneur harus membuat list to do atau membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan oleh karyawan. ini penting untuk membuat list to do karena berhubungan dengan bagaimana pekerjaan yang harus dilakukan oleh karyawan agar benar-benar mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan baik serta efektif dan efisien.


Inilah beberapa tips OPERATION MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: