Inilah yang menjadi kunci sukses setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis saat ini yaitu bagaimana para entrepreneur harus bisa menjadi seorang ahli strategi bisnis dalam kerangka membangun bisnis mereka agar bisa mencapai bisnis yang profitable, memberikan manfaat bagi orang banyak orang, menjaga kelestarian alam, dalam jangka panjang serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

1.       Entrepreneur harus memiliki mindset sebagai seorang ahli strategi bisnis
Mindset menjadi dasar bagi setiap entrepreneur ketika mereka akan menjalankan peran sebaga seorang ahli stratregi. Mindset itu berhubungan dengan sikap mental seorang entrepreneur untuk mencapai tujuan dalam kerangka entrepreneur sukses.

2.       Mendalami bisnis mereka
Bisnis setiap entrepeneur itu berbeda satu sama lain dan ini dibedakan oleh karakteristik bisnis itu sendiri. Ada bisnis manufaktur, jasa, perdagangan, industri kreatif. Masing-masing memiliki karakteristik yang pastinya harus diperlakukan secara berbeda juga. Tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur tahu bisnis sampai jauh kedalam.

3.       Mendalami lingkungan bisnis
Ini yang juga tidak bisa dipungkiri bahwa wajib entrepreneur memahami lingkungan bisnis mereka, baik lingkungan individu, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal bisnis. Pemahaman yang mendalam akan memudahkan entrepreneur untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan bisnis mereka.

4.       Sensitive terhadap lingkungan bisnis
Konteks lingkungan bisnis tersebut benar-benar selalu berubah, tidak pasti dan mengalami turbulensi sehingga pasti akan berdampak kepada bisnis berupa kekuatan atau kelemahan, peluang dan ancaman. Ini harus bisa diantisipasi oleh setiap entrepreneur dengan sensitifitas yang harus tinggi kepada mereka masing-masing.

5.       Menganalisis perubahan lingkungan bisnis
Hal ini berhubungan dengan bagaimana perubahan lingkungan dilihat dalam konteks pengaruhnya kepada bisnis. Analisis ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dan hubungannya dengan lingkungan bisnis.

6.       Membuat strategi dan menjalankan strategi bisnis

Pada akhirnya, entrepreneur harus bisa membuat sebuah strategi untuk bisnis mereka berdasarkan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi dan kemudian menjalankan strategi bisnis tersebut dengan efektif dan efisien. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: