Seiring berjalannya bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur, sudah pasti, yang menjadi tuntutan adalah bagaimana tugas dan pekerjaan entrepreneur tidak hanya dikerjakan sendiri, akan tetapi harus melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien dan inilah yang menjadi intisari konsep manajemen yang dibutuhkan oleh entrepreneur agar bisnis mereka bisa tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang. Akan tetapi, sudah jadi entrepreneur bertanggungjawab untuk meningkatkan kompetensi karyawan.

1.       Memahami struktur organisasi perusahaan
Struktur organisasi perusahaan menjadi dasar untuk setiap entrepreneur dalam mencapai tujuan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang relevan dengan knowledge, skill dan attitude untuk setiap karyawan.

2.       Memahami job description
Dasar untuk entrepreneur adalah memahami job description atau gambaran tugas yang harus dilakukan dalam setiap aktivitas yang dijalanakn oleh setiap karyawan.

3.       Memahami target yang harus dicapai oleh karyawan
Entrepreneur harus bisa memahami target yang harus dicapai agar mereka bisa dilihat apa yang dibutuhkan untuk mencapainya dan juga evaluasi untuk pencapaian hasil yang sudah dicapai oleh setiap karyawan.

4.       Memetakan knowledges, skill dan attitude yang dibutuhkan oleh karyawan untuk menjalankan pekerjaan
Entrepreneur harus bisa memetakan knowledge, skill dan attitude yang dibutuhkan oleh setiap karyawan untuk menjalankan karyawan. pemetaan ini harus dilakukan secara bertahan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

5.       Memberikan pelatihan secara berkelanjutan
Entrepreneru harus bisa memberikan pelatihan secara berkelanjutan, dengan melibatkan diri sendiri sebagai trainer dan juga orang luar bila diperluka.

6.       Memberikan coaching dan mentoring
Entrepreneru harus bisa fokus memberikan coaching dan mentoring kepada setiap karyawan dengan menunjukkan apa yang harus mereka lakukan dan memberikan contoh kepada karyawan tersebut. Peran coach dan mentor menjadi kunci sukses.

7.       Melakukan evaluasi dan mengambil langkah perbaikan terus menerus.
Entrepreneur harus bisa melakukan evaluasi atas kinerja setiap karyawan dalam konteks produktivitas berdasarkan target yang ditetapkan. Kalau ada yang sudah optimal, terus ditingkatkan dan dipertahankan, sementara yang kurang, harus dilakukan perbaikan terus menerus oleh entrepreneur.



Inilah beberapa tips HUMAN RESOUCES MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: