Assalamualaikum wr. Wb.
Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih atas rubrik yang terus memberikan berbagai inspirasi dan konsep serta teori yang relevan dengan saya selaku entrepreneur dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Banyak hal baru yang saya dapatkan dari akang melalui jawaban-jawaban yang bagi saya sangat relevan dengan permasalahan setiap entrepreneur. 

Pertanyaan saya simple saja kan, berkenaan dengan komunikasi yang seringkali menjadi masalah antara saya dengan karyawan. Kenapa ya kang, karyawan saya itu kurang menangkap pesan yang saya berikan kepada mereka sehingga menyebabkan masalah dalam hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Jelas, dampaknya kepada biaya tambahan yang harus saya keluarkan akibat tidak sesuainya apa yang mereka berikan dengan apa yang saya harapkan. Demikian juga dengan yang diharapkan oleh konsumen. 

Mohon saran akang agar saya bisa memperbaiki hal ini dan tidak terjadi lagi pengulangan kesalahan. Terima kasih atas saran yang akan berikan dan sukses terus buat akan dan bisnisnya ya...
Wassalam
Desiana

Waalaikum salam
Terima kasih kembali ya mbak Desiana karena memang rubrik tanya jawab ini berkat kerjasama antara GIMB Foundation dengan Koran Bisnis Bandung dengan tujuan memberikan edukasi kepada entrepreneur muda tentang bisnis yang harus didukung oleh knowledge, skill dan attitude yang kami sebut dengan A successful knowledge based young entrepreneur. Jadi, dengan rubrik ini, diharapkan mampu memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan kepada mereka. 

Bicara tentang kesuksesan entrepreneur, jelas tidak lepas dari konsep komunikasi yang dilakukan entrepreneur tersebut dengan stakeholder mereka dan termasuk karyawan. Hal ini penting karena dipahami karena berdasarkan penelitian, memang aktivitas utama setiap entrepreneur adalah berkomunikasi dalam menjalankan berbagai aktivitas bisnis mereka.
Komunikasi ini berhubungan dengan bagaimana pesan disampaikan dari sender yang nota bene adalah entrepreneur dengan receiver yaitu karyawan. Dalam konteks ini, tujuannya adalah membangun kesamaan persepsi sehingga karyawan bisa menjalankan apa yang diarahkan oleh entrepreneur. 

Oleh karena itu, entrepreneur harus memahami dua cara komunikasi yaitu komunikasi secara verbal dan non verbal. Komunikasi verbal berhubungan dengan bagiamana entrerpeneur menggunakan kata-kata dalam bentuk lisan maupun tulisan. Adapun komunikasi non verbal adalah berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh. 

Kedua cara komunikasi ini harus dikuasi oleh setiap entrepreneur agar sukses dalam komunikasi dengan karyawan. latihan untuk kedua cara komunikasi tersebut harus terus dilakukan agar meningkat. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menuliskan pesan yang akan disampaikan kepada karywan dan diperjelas maksud dan tujuannya. Hal ini penting agar karyawan bisa memahami apa yang diharapkan oleh entrepreneur..so, mari kembangkan pengetahuan dan kemampuan komunikasi kita....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: