Setiap entrepreneur tidak akan bisa dilepaskan dengan keuangan karena itulah sejatinya alat ukur yang bisa dikontrol oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Memang ada beberapa tool yang bisa dikelola oleh setiap entrepreneur, akan tetapi, jelas yang langsung tampak adalah keuangan, khususnya ketika entrepreneur bisa mengelola biaya.

Oleh karena itu, entrepreneur harus fokus dalam pengelolaan biaya yang dijalankan dalam bisnis tersebut. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh entrepreneur yaitu  

1.       Membuat anggaran perusahaan
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur adalah membuat anggaran perusahaan dengan membuat rencana untuk penerimaan dan pengeluaran.

2.       Membagi anggaran perusahaan untuk setiap minggu
Pemecahan setiap minggu akan menjadi dasar untuk mengelolaan biaya yang dilakukan oleh perusahaan. dengan mendapatkan informasi setiap minggu, maka akan mudah bagi entrepreneur untuk menganalisis biaya yang dikeluarkan, apakah diatas, dibawah atau sama dengan anggaran yang sudah dibuat.

3.       Membuat pencatatan atas pengeluaran perusahaan
Pencatatan adalah hal penting ketika entrepreneur akan melakukan pengelolaan keuangan karena berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur mengetahui jumlah uang yang sudah dikeluarkan/

4.       Membandingkan pengeluaran dengan anggaran yang sudah dibuat
Bandingkan pengeluaran dengan aggaran yang sudah dibuat. Menjadi penting ketika perbandingan dilakukan untuk bisnis.

5.       Membuat kebijakan untuk pengendalian biaya bila pengeluaran diatas atau dibawah anggaran
Apabila biaya diatas anggaran, artinya perlu dilakukan perbaikan dalam anggaran dan bila dibawah, artinya, ada program yang belum dijalankan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.

6.       Melakukan secara terus menerus
Hal ini harus dilakukan secara terus menerus agar menjadi habit atau kebiasaan dalam bisnis yang dalam konteks bisnis, sudah menjadi hal penting.

7.       Lakukan perbaikan
Setiap entrepreneur harus melakukan perbaikan terus menerus agar pengendalian biaya yang dilakukan oleh setiap entrepreneur dapat berjalan dengan baik. Sudah menjadi tanggungjawab entrepreneur untuk melakukan perbaikan terus menerus dalam mengelola keuangan perusahaan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: