Entrepreneur yang menjalankan bisnis harus menghadapi situasi dimana bisnis yang dipilih juga harus ditumbuhkembangkan mulai dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Semuanya harus ada dalam pemikiran setiap entrepeneur sehingga jelas sekali bahwa bisnis tidak boleh pada posisi yang stagnan, tidak berkembang. Sudah menjadi kewajiban entrepreneur untuk mempersiapkan bisnis mereka menajdi besar.

1.       Menghitung kebutuhan modal untuk ekpansi bisins
Entrepreneur harus menganalisis kebutuhan dana untuk melakukan pengembangan bisnis yang pastinya menjadi tujuan para entrepreneur.

2.       Membuat anggaran
Entrepreneur harus bisa membuat anggaran dalam perusahaan mereka karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur melihat target penerimaan perusahaan dan juga target yang melekat pada setiap biaya yang ada dalam perusahaan. TP = TR – TC adalah model dasar bagi entrepeneur dalam berbisnis. Total profit dihasilkan dari total revenue yang dikurangi total cost.

3.       Menganalisis anggaran yang diturunkan pada aktivitas bisnis
Anggaran yang sudah dibuat oleh entrepreneur itu harus benar-benar dianalisis untung ruginya sehingga akan ketahuan mana yang bisa dikurangi oleh entrepreneur. analisis ini awal bagi penetapan anggaran yang bisa mencapai tujuan setiap entrepreneur.

4.       Mencari sumber pendanaan
Entrepreneur harus mencari sumber pendanaan untuk bisnis mereka. Bisa mulai dari diri sendiri, keluarga, teman-teman, angle investor, lembangan keuangan non perbankan dan juga lembaga keuangan perbankan yang bisa dijadikan sebagai alternative pilihan pinjaman bagi entrepreneur. inilah pilihan-pilihan yang ada bagi entrepreneur.

5.       Menghitung cost of capital
Entrepreneur perlu menghitung biaya modal yang melekat pada setiap pinjaman yang dilakukannya. Hal ini harus dilakukan agar sudah bisa diprediksi biaya yang melekat dari setiap piinjaman yang dilakukan entrepreneur.

6.       Mencari biaya modal yang terendah
Biabaya modal yang dibutuhkan oleh entrepeneur adalah biaya modal yang paling rendah sehingga tidak menambah biaya perusahaan. hal ini penting bagi entrepeneur untuk melakukan pinjaman kepada pihak lain.

7.       Lakukan pinjaman
Ini adalah aktivitas yang paling penting karena dengan mengajukan pinjaman, akan didapatkan pinjaman yang akan sangat dibutuhkan oleh bisnis. tentu, acuannya adalah anggaran yang sudah dibuat dan pemanfaatannya juga harus jelas.


Inilah beberapa tips FINANCIAL management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: