Salah satu sumber keunggulan bersaing dari setiap entrepreneur dalam bisnis adalah kekuatan dan kelengkapan database yang dimilikinya dan relevan dengan bisnis. data ini menjadi penting karena akan menentukan bagaimana keputusan entrepreneur bisa mencapai keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini. oleh karena itu, entrepreneur perlu memperkuat database bisnis mereka.

1.       Pahami bisnis yang dijalankan
Untuk membangun sebuah enterprise resources planning (ERP) dalam sebuah perusahaan yang dijalankan oleh entrepreneur diperlukan pemahaman yang mendalam tentang bisnis itu sendiri. Memahami bisnis ini adalah konsep dasar dari bisnis itu adalah serangkaian aktivitas yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya menghasilkan produk untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

2.       Pahami karyawan
Entrepreneur harus memahami karyawan dengan baik sehingga bisa menjadi database untuk membuat keputusan untuk setiap karyawan. hal ini relevan dengan data pribadi setiap karyawan sampai dengan kompetensi yang mereka miliki. Bahkan kinerja mereka juga bisa diketahui dari database tersebut.

3.       Pahami konsumen
Konsumen adalah asset utama setiap entrepreneur dalam konteks bagaimana sejatinya mereka adalah pihak yang memberikan profit dan benefit bagi perusahaan. ada satu hal yang perlu dimiliki oleh entrepreneur dari konsumen yaitu perilaku mereka dalam berbelanja sampai dengan tingkat kepuasan dan loyalitas mereka.

4.       Pahami distributor
Entrepreneur perlu memahami distributor dalam konteks need, want dan demand mereka terhadap produk entrepreneur sendiri. Dalam hal ini, data pribadi dan perusahaan distributor adalah bagian dari data  yang harus dimiliki entrepreneur.

5.       Pahami pesaing
Pesaing adalah pihak yang penting untuk dipahami oleh setiap entrepreneur karena berhubungan dengan pihak yang menghasilkan produk yang sama dan menyasar pada pasar yang sama. Harus dimiliki data tentang siapa pesaing, jumlah pesaing, strategi pesaing.

6.       Pahami supplier
Miliki database tentang supplier yang berhubungan dengan profile diri perusahaannya, kapasitas produksi, kualitas produk yang dihasilkan dan bagaimana pola pembayaran.

7.       Pahami stakeholder lainnya
Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur memahami stakeholder lainnya yaitu masyarakat, pemerintah, perbankan, media, asosiasi bahkan sampai dengan pasar luar negeri. Ini menjadi penting untuk dibuatkan database.


Inilah beberapa tips Enterprise Resources Planning yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: