Aslm Bapak Meriza,
Perkenalkan didin, dan saat ini saya berbisnis travel untuk penjualan tiket pesawat dan juga tour domestik dan juga luar negeri yang saya fokuskan kepada para anak muda dan mahasiswa yang tersebar di berbagai kampus di Kota Bandung.

Saat ini saya berencana untuk pengembangan bisnis untuk pembelian beberapa armada kendaraan karena saya akan masuk ke travel antar jemput, point to point yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta. Rasanya, bisnis ini masih berhubungan dan potensi pasar yang masih besar.

Akan tetapi, orang tua saya melarang dulu untuk berbisnis ini karena beliau berharap bisnis ticketing dan tour tersebut berhasil dulu secara maksimal dan menghasilkan keuntungan yang optimal sehingga dapat menjadi sumber penerimaan perusahaan secara rutin juga.

Saya bingung pak dengan saran orang tua saya ini karena bagi saya, saatnya untuk memanfaatkan peluang yang tidak datang dua kali. Mohon saran Bapak apa yang sebaiknya saya lakukan.

Didin
Bandung

Wassalam Kang Didin
Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami dan kami sangat berbahagia dengan perkembangan bisnis tour and travelnya. Saya juga pernah berbisnis ini yang pada akhirnya saya jual. Banyak pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis ini dan sangat asyik kalau kita jalani dan nikmati.

Adanya keinginan untuk mengembangkan bisnis atau dalam konsep bisnis disebut dengan ekspansi adalah sesuatu yang bagus untuk bisnis. Ekspansi itu bertujuan untuk meningkatkan value dari perusahaan kita sendiri agar profitabilitas juga meningkat yang akan diberikan nantinya kepada pemegang saham

Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk langkah ekspansi bisnis karena itu bersifat stratejik buat perusahaan. tidak hanya melihat peluang dari lingkungan eksternal, akan tetapi juga kekuatan dan  kelemahan dari perusahaan kita sendiri. lihat dulu, apakah manajemen Kang didin sudah stabil dan efektif serta efisien?

Hitung-hitungan ini harus jelas terlebih dahulu. Belum lagi kalau terjadi ancaman dari lingkungan eksternal bisnis travel tersebut. saya rasa, untuk bisnis travel berupa pengadaan jasa transportasi bandung Jakarta sudah hampir atau bahkan jenuh karena sudah banyaknya perusahaan yang menawarkan jasa ini.

Kondisi tersebut harus menjadi perhatian kang Didin untk memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis kdalam bisnis travel tersebut. oleh karena itu, saya menyarankan akang untuk melakukan analisis terlebih dahulu sebelum melakukan ekspansi tersebut. sukses ya kang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: