Beberapa waktu lalu, kami mengajar kelas entrepreneurship untuk materi operational management. Materi yang memang sudah harus disiapin setelah mendapat materi pemasaran. Penting untuk setiap entrepreneur memahami materi ini karena berhubungan dengan apa  yang menjadi aktivitas utama para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. ingat, ini berbeda dengan proses produksi karena proses bisnis jauh lebih luas dari produk itu sendiri.

Ada siswa-siswa yang ikut yaitu kang dhani dengan bisnis produk-produk dari karet, ridwan dengan bisnis sosial media, cecep dengan bisnis rangka atap baja ringan dan juga restu yang berbisnis property. Mereka adalah entrepreneur yang fokus pada bidang masing-masing dan sudah menjalankannya dalam waktu yang tidak singkat. Bahkan sudah puluhan tahun karena meneruskan usaha orang tua secara turun temurun.

Materi diberikan berdasarkan kepada business process setiap bienis entrepreneur. Business process adalah jantungnya perusahaan yang mendorong darah ke seluruh bagian perusahAan. Inilah yang harus menjadi Concern perusahaan.

Ada istilah SIPOC yang menjadi perhatian yaitu supplier, input, process, output dan consumer yang menjadi proses bisnistersebut. Setiap tahap ada standar operasi prosedur yang harus dibuat. Inilah tanggung jawab entrepreneut.


Siswa. langsung diajak diskusi dan juga mensimulasikan proses bisnis mereka di depan teman-teman dan langsung di komentari oleh kang meriza. Luar biasa, teman-teman menadi tau dan paham dengan proses bisnis mereka. Semoga makin maju usahanya. Amin.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: