Sebenarnya, ada satu lembaga lagi yang bisa digunakan sebagai sumber untuk pendanaan para entrepreneur yaitu program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang diberikan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sejatinya adalah perusahaan miliki rakyat juga. Ada laba yang disisihkan oleh negara dan dititipkan kembali kepada BUMN untuk dikelola dan salah satunya adalah kepada entrepreneru yang memiliki bisnis dengan skala mikro, kecil dan menengah.

Bagi entrepreneur, PKBL ini akan berdampak luar biasa bila bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis saat ini dan yang akan datang. Memang ada batasnya yaitu selama tiga tahun bisanya menerima dana PKBL ini dan selanjutnya harus bisa diarahkan kepada perbankan untuk menjadi sumber pendanaan perusahaan mereka. akan tetapi, tidak hanya itu yang bisa didapatkan oleh para entrepeneur.

Apa yang dilakukan di beberapa perusahaan entrepreneur selama ini menunjukkan hal yang luar biasa bagi para entrepeneur yang bisa memanfaatkan program PKBL bagi usaha mereka. Tentu yang pertama berhubungan dengan aspek pendanaan tadi. Bunga yang dibebankan kepada entrepreneur hanya sebesar 6% pertahun dan ini menunjukkan nilai yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perbankan. Inilah yang menjadi salah satu benefit yang didapatkan dari program kemitraan dan bina lingkungan ini.

Adapun untuk persyaratan lainnya, tentu sama dengan perbankan dimana ada 5C yang selalu diperhatikan dan diantaranya adalah character, capital, collateral, ini memang harus dipenuhi oleh setiap entreprenur untuk mendapatkan dana dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan tersebut. Penting untuk entrepreneur belajar menjalankan bisnis mereka secara lebih teratur dan terarah. Tidak lagi menggunakan action dan tidak memiliki manajerial yang kuat.

Benefit lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya pembinaan kepada para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. Pembinaan ini kalau melihat kondisi entrepeneur, sangat dibutuhkan karena mereka jelas memiliki keterbatasan dalam bisnis, baik knowledge, skill maupun attitude sehingga tentu berdampak pada bagiamana kualitas bisnis yang mereka jalankan. Ada pelatihan yang diberikan kepada para binaan, sebutan entrepreneru yang mendapatkan pinjaman dari PKBL ini.

Selain itu, entrepreneur juga akan dilibatkan dalam berbagai program promosi yang berhubungan dengan program PKBL. Pameran secara berkala yang merupakan media untuk memperlihatkan perkembangan kualtitas entrepreneurship dan bisnis para entrepeneur menjadi penting bagi BUMN itu sendiri. Mereka butuh untuk mengkomunikasikan kepada stakeholder mereka tentang bagaiimana kualitas binaan. Ada “adu gengsi” dalam pembinaan kepada entrepenuer. Inilah yang bisa dimanfaatkan oleh para entrepreneur.

Jadi, jelas tampak bahwa program PKBL yang dimiliki oleh BUMN ini perlu dimanfaatkan oleh entrepeneur untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. sukses buat kita semua
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: