Satu pekan lagi kita akan meninggalkan tahun 2016 dan menuju tahun 2017. Bagi kebanyakan orang akhir tahun menjadi media untuk melakukan evaluasi kegiatan atau program selama tahun 2016. Apakah rencana yang disusun di awal tahun 2016 sudah tercapai seluruhnya sebagai sebuah komunitas bisnis, ada beberapa indikator capaian yang sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Mungkin perlu kita review kembali, bahwa keberhasilan bisnis komunitas bukan hanya pada peningkatan pendapatan pribadi atau kelompok tetapi juga aspek lain seperti jumlah anggota, kapasitas pengetahuan anggota, partisipasi anggota pada kegiatan kelompok, serta kaderisasi.


Pada saat kita menentukan apakah program yang selama ini dijalankan apakah berhasil atau tidak, tentunya akan mengacu pada indikator-indikator yang seharusnya sudah disepakati di awal. Dalam menentukan indikator ada beberapa rujukan yang dapat digunakan, dan rujukan ini dapat menyesuaikan dengan kondisi komunitas bisnis yang dijalankan


Karena yang dikembangkan adalah komunitas bisnis, maka selain ukuran dari sisi pemberdayaan, ukuran dari sisi ekonomi juga harus disertakan. Indikator yang umum dipakai adalah sebagai berikut :


Indikator pemberdayaan :


1. Berapa orang jumlah anggota yang terlibat dalam kegiatan


2. Apakah terjadi peningkatan pengetahuan pada anggota


3. Apakah terjadi peningkatan partisipasi anggota dalam kegiatan yang dilakukan (mulai dari perencanaan sampai evaluasi)


4. Apakah anggota merasakan manfaat dari adanya kegiatan yang dilakukan


5. Apakah terjadi perbaikan pada kualitas hidup anggota


6. Apakah komunitas sudah dapat mandiri atau masih harus bergantung pada pihak lain


Indikator ekonomi :


1. Berapa besar peningkatan asset kelompok


2. Berapa besar peningkatan pendapatan anggota


3  berapa besar peningkatan produktivitas anggota


4. Berapa besar peningkatan kualitas bisnis anggota


Kriteria evaluasi dapat disesuaikan dengan model bisnis yang dijalankan serta target yang ingin dicapai tahun ini. Apa disampaikan di atas hanyalah contoh. Pada dasarnya apapun yang dilakukan tahun ini dimaknai berhasil jika lebih baik dari tahun lalu, dan kekurangan tahun ini menjadi dasar untuk melakukan perencanaan di tahun depan. Dalam hidup tidak akan mengenal kata "sempurna", karena kesempurnaan hanyalah milik  Sang Khalik, Pencipta Alam Semesta. Yang dapat dilakukan adalah melakukan perbaikan serta meningkatkan kebermanfaatan kita bagi sesama.


Selamat menjalani libur akhir tahun, semoga moment libur akhir tahun ini dapat menjadi bagian dari kebahagian kita bersama keluarga. Sampai bertemu pekan depan di tahun 2017.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: