Sebagai seorang entrepreneur, jelas sekali bagaimana entrepreneur harus bisa mengelola keuangan perusahaan yang notabene adalah darahnya perusahaan agar bisa terus berproduksi dan menjalankan usaha dengan baik. pengelolaan keuangan adalah tugas utama seorang entrepeneur untuk bisa mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

1.       Mindset bahwa tugas utama seorang entrepreneur adalah mengelola keuangan
Mindset atau sikap mental untuk mengelola keuangan adalah hal yang paling mendasar bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan perusahaan. suka tidak suka, hal ini adalah kunci sukses setiap entrepreneur agar fokus dalam pengelolaan keuangan yang nantinya menjadi dasar untuk membuat keputusan bisnis.

2.       Meningkatkan kemampuan mengelola keuangan
Pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan adalah wajib dikuasai oleh setiap entrepeneur. Mulai dari mendapatkan uang, mengelola uang dan juga membagikan deviden atau laba perusahaan. teruslah belajar, belajar dan belajar serta berlatih untuk mengelola keuangan perusahaan.

3.       Membuat anggaran perusahaan
Anggaran peusahaan menjadi alat untuk mengatur keuangan perusahaan. anggaran beriisikan target penerimaan perusahaan serta rencana pengeluaran sehingga menjadi dasar untuk melihat kinerja perusahaan.

4.       Fokus pada penerimaan perusahaan
Fokus kepada penerimaan perusahaan dimana berhubungan dengan sejauh mana perusahaan dapat meningkatkan penerimaannya untuk sukses dalam bisnis.

5.       Mengelola pengeluaran perusahaan
Entrepreneur harus mengelola setiap pengeluaran perusahaan yang dalam konteks ini adalah cost control atas dana perusahaan untuk bisa membuat keseimbangan antara pengeluaran dan penerimaan perusahaan yang tercermin pada laba yang didapatkan oleh perusahaan.

6.       Melakukan evaluasi
Lakukan evaluasi atas hasil didapatkan oleh perusahaan atas pengelolaan keuangan yang ada. Lihat lagi penerimaan dan pengeluaran perusahaan yang pada akhirnya mendapatkan laba yang sesuai atau tidak sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

7.       Melakukan perbaikan
Entrepreneur harus melakukan perbaikan atas pengelolaan keuangan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: