Sehat tidak sehatnya perusahaan milik para entrepreneur sangat ditentukan oleh keputusan bisnis yang dibuatnya khususnya  yang berhubungan dengan keputusan keuangan. Sejatinya keuangan adalah dasar pegangan dalam membangun dan mengembangkan perusahaan. tidak ada pengecualian bagi setiap entrepreneur untuk membangun bisnis kalau tidak kepada keuangan. Kegagalan akan membuat bisnis akan mati.

1.       Mindset untuk melihat bisnis itu adalah UUD yaitu ujung-ujungnya Duit.
Hal yang bersifat mendasar bagi setiap entrepreneur adalah bagaimana sikap mental para entrepreneur untuk bisa melihat bahwa bisnis itu adalah UUD atau Ujung-Ujungnya Duit dalam artian, bisnis itu penuh perhitungan dalam keuangan.

2.       Membuat anggaran penerimaan dan pengeluaran perusahaan
Entrepreneur harus mampu membuat anggaran penerimaan dan pengeluaran perusahaan untuk jangka waktu satu tahun. Ini didasarkan kepada analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dari setiap entrepreneur.

3.       Mempersiapkan program untuk penerimaan dan pengeluaran perusahaan
Entrepreneur harus bisa membuat program-program yang dapat meningkatkan penerimaan perusahaan melalui strategi pemasaran yang relevan dengan produk yang sudah dihasilkan dan menyasar pada konsumen yang sudah ditetapkan sebagai target market. Demikian juga dengan pengeluaran perusahaan yang harus diatur. Konteks nya adalah cost control.

4.       Fokus pada anggaran perusahaan
Entrepreneur harus benar-benar fokus pada anggaran perusahaan karena inilah yang menjadi tanggungjawab entrepreneur dalam membangun perusahaan untuk bisa sehat selalu.

5.       Berani mengatakan tidak bila tidak sesuai dengan anggaran
Entrepreneur harus bisa dan berani mengatakan tidak sesuatu program yang berada di luar anggaran dan setelah dianalisis, di luar toleransi anggaran yang ada.

6.       Melakukan evaluasi atas anggaran
Revisi atas anggaran bukanlah sesuatu yang haram artinya tidak boleh dilakukan oleh para entrepreneur, akan tetapi, bisa menjadi kunci bagi para entrepreneur untuk mengukur kinerja perusahaan. evaluasi ini penting dengan membandingkan antara tujuan anggaran dengan capaian anggaran tersebut.

7.       Melakukan perbaikan atas anggaran

Hal ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur itu harus bisa melakukan perbaikan atas anggaran perusahaan yang sudah dibuat yaitu bagaimana menutup kekurangan penerimaan dengan pemangkasan biaya dan meningkatkan penerimaan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: