Konsumen itu adalah asset yang paling berharga bagi perusahaan yaitu bagaimana konsumen itu memberikan value kepada perusahaan berupa konsumsi atas produk dan juga memberikan rekomendasi kepada pihak lain, seperti saudara, teman dan lain-lain untuk mengkonsumsi produk-produk tersebut. Ini harus mendapatkan perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan

1.       Mendalami need, want dan demand konsumen
Penting bagi setiap entrepeneur untuk mendalami need, want dan demand konsumen dalam artian bahwa kebutuhan konsumen, keingingan konsumen sampai dengan permintaan konsumen harus benar-benar dipahami dengan baik untuk bisa dicarikan produk yang bisa memberikan solusi dan bahkan value bagi konsumen.

2.       Melakukan strategi untuk mengakuisisi konsumen
Entrepreneur harus bisa mengakuisisi atau mendapatkan konsumen dengan dasar kebutuhan dan keingingan serta permintaan mereka tadi. Hal ini perlu dilakukan agar calon konsumen itu mau menjadi konsumen setiap entrepreneur. akuisisi ini langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur melalui attention, interest, desire dan juga action dalam bentuk mereka membeli produk yang ditawarkan oleh konsumen.

3.       Memuaskan konsumen
Puaskan konsumen itu adalah tugas utama setiap konsumen ketika mereka sudah mendapatkan satu orang konsumen. Ingat, setiap konsumen itu harus mencapai level kepuasan sehingga dapat memberikan value lanjutan kepada setiap konsumen.

4.       Mengembangkan konsumen
Hal ini berhubungan dengan bagaimana setiap konsumen mencapai loyalitas yang memang diharapkan oleh setiap entrepreneur bisa berkontribusi pada pengembangan konsumen. Bentuknya adalah bagaimana konsumen itu melakukan repeat order, sehingga terjadi pembelian ulang atas produk yang sama. Juga melakukan pembelian produk yang lain serta merekomendasikan produk kepada orang lain. Hal ini penting karena akan dapat meningkatkan penjualan produk secara keseluruhan. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur itu membuat konsumen bisa menolak penawaran pesaing.

5.       Menerapkan CRM
Inilah yang penting bagi setiap entrepreneur dalam mendapatkan dan memuaskan serta mengembangkan konsumen dengan menerapkan program Customer Relationship Management dalam perusahaan. Bagaimana entrepreneur mengelola setiap konsumen. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: