Hakekat yang dibeli oleh setiap konsumen adalah bagaimana mereka mendapatkan sebuah produk yang berkualitas sehingga setiap apa yang mereka beli dapat memberikan sebuah solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Ini menjadi penting karena setiap entrepreneur harus menghadapi berbagai persaingan yang begitu tinggi dan pastinya konsumen akan mencari produk yang paling bisa memberikan value kepada mereka.

Inilah konsep superior value bagi setiap entrepreneur untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa superior value ini ditandai oleh produk yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, entrepreneur perlu melakukan beberapa hal yaitu
1.       Memahami need, want dan demand konsumen
Hal ini menjadi dasar bagi setiap entrepreneur karena itu berhubungan dengan bagaimana produk yang dibuat itu sesuai dengan need, want dan demand konsumen yang menjadi dasar untuk melihat sebuah produk itu berkualitas atau tidak.

2.       Menganalisis need, want dan demand konsumen
Analisis need, want dan demand adalah bagaimana entrepreneur bisa mendalami apa yang dibtuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Pemahaman yang mendalam dan dihubungkan dengan kemampuan perusahaan menjadi penting sebagai hasil dari analisis yang dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam membuat produk yang berkualitas.

3.       Menganalisis tawaran dari pesaing
Penting juga bagi setiap entrepreneur untuk melihat pesaing dan menganalisisnya karena berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur dapat memberikan produk yang lebih baik daripada pesaing. Ini menjadi acuan bagi konsumen karena penawaran tidak hanya dari satu orang akan tetapi dari banyak sumber.

4.       Membuat produk yang sesuai dengan need, want dan demand
Membuat produk yang berkualitas sesuai dengan need, want dan demand pasar atau konsumen sehingga menjadi penting bagi entrepeneur untuk fokus pada membuat produk yang berkualitas. Ini menjadi acuan bagi para entrepeneur.

5.       Menawarkan kepada pasar
Pasar yang terdiri dari konsumen harus merasakan kualitas produk yang dibuat oleh entrepreneur dan ini merupakan bentuk tes pasar atau market test.

6.       Menganalisis respon pasar
Respon pasar adalah acuan bagi entrepreneur dalam membuat produk yang diharapkan dapat berkualitas dan melebihi pesaing. Apakah tanggapan pasar itu mendukung atau tidak, atas produk yang ditawarkan.

7.       Memperbaiki kualitas produk
Memperbaiki produk yang dibuat dan sesuai dengan standar yang diminta oleh konsumen adalah kunci sukses bagi setiap entrepeneur dalam membuat produk.


Inilah beberapa tips menjadi binaan program MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: