Menjadi seorang entrepreneur adalah seorang yang harus bisa berfikir jangka panjang terhadap bisnis yang dijalankannya karena berhubungan dengan pilihan hidup yang memang harus dijalani dengan sebaik mungkin. Jangan sampai salah dalam melihat makna bisnis yang mereka jalankan karena dalam menjalankan bisnis akan menghadapi berbagai permasalahan, baik yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia.

1.       Entrepreneur harus memahami konsep strategic entrepreneur
Entrepreneur harus memahami bahwa mereka adalah seorang Chief Executive Officer atau CEO dimana harus berfikir strategic dalam menjalankan bisnis. salah satunya adalah bagaimana mereka memiliki kerangka berfikir bisnis untuk sepuluh tahun kedepan dan pastinya harus menjadi kerangka berfikir untuk membuat bisnis mereka menjadi jauh lebih baik. Inilah kunci yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur untuk bisa sukses.

2.       Harus berfikir jangka panjang
Entrepreneur harus berfikir jankan panjang terhadap bisnis yang mereka jalankan karena berhubungan dengan bagaimana sejatinnya bisnis itu dimiliki oleh setiap entrepreneur.

3.       Fokus pada rencana jangka panjang
Entrepreneur harus fokus pada rencana jangka panjang yang sudah mereka buat yang biasanya dalam rentang waktu 10 tahun.

4.       Yakin masalah itu akan bisa diselesaikan
Entrepreneur harus memiliki keyakinan bahwa masalah itu bisa diselesaikan dengan dasar pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para entrepreneur. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan bisnis.

5.       Mencari solusi atas masalah yang dihadapi
Tugas utama entrepreneur adalah mencari solusi atas apa yang ditemui dari setiap aktivitas bisnis dan solusi untuk bisa fokus mencapai apa yang ditetapkan yaitu bagaimana membuat bisnis tetap berjalan.

6.       Mengambil pelajaran
Hal ini merupakan bentuk aktivitas evaluasi yang dilakukan oleh para entrepreneur terhadap apa yang ditemui dari aktivitas bisnis, khususnya permasalahan yang selalu datang silih berganti. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini menjadi fakta yang tidak bisa diabaikan oleh setiap entrepreneur.

7.       Lakukan perbaikan
Inilah tugas utama dari seorang entrepreneur yaitu bagaimana melakukan perbaikan atas apa yang dihadapi oleh entrepreneur dalam berbisnis.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: