Menjadi seorang entrepreneur itu benar-benar dituntut untuk fokus menjadi seorang pensiunpreneur ditengah tingginya tingkat persaingan yang terjadi diantara pelaku usaha dan untuk memenangkan persaingan. Lihat saja bagaimana pesaing juga datang dari negara-negara ASEAN yang menawarkan persaingan juga dimana mereka berupaya untuk unggul dalam bisnis biar sukses dengan bisnis yang dipilih.

1.       Memahami hakekat bisnis
Entrepreneur harus memiliki pemahaman yang baik tentang hakekat bisnis itu sendiri agar tidak salah dalam menjalankan bisnis dimana bisnis itu merupakan serangkaian aktivitas dalam mengelola sumber daya untuk menghasilkan produk dan mencapai tujuan

2.       Menetapkan tujuan jangka pendek
Entrepreneur harus menetapkan tujuan jangka pendek untuk satu tahun sehingga akan terukur juga untuk kepentingan rumah tangga setiap entrepreneur.

3.       Menetapkan tujuan jangka menengah
Entrepreneur harus menetapkan tujuan jangka menengah dalam kerangka lima tahun kedepan sehingga dapat menjadi tujuan antara dengan tujuan jangka panjang.

4.       Menetapkan tujuan jangka panjang
Entrepeneur perlu menetapkan tujuan jangka panjang selam 10 tahun kedepan. Ini akan menjadi arahan bagi setiap entrepreneur dalam membuat kerangka berfikir strategik.

5.       Fokus untuk mencapai tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.
Fokus ini ditunjukkan dengan program yang dibuat agar bisa mencapai tujuan tersebut. Hal ini diturunkan pada bentuk program keuangan, pemasara, operasi dan sumber daya manusia. Setelah itu, ditambah dengan dukungan keuangan dan fasilitas serta Standard Operating Procedures dan orang-orang yang kompeten untuk mencapai tujuan.

6.       Mengevaluasi tujuan
Tujuan yang sudah ditetapkan harus dievaluasi dengan membandingkan antara tujuan dengan realisasi atas program yang sudah dijalankan. Inilah kunci bagi setiap entrepreneur berfikir strategik untuk fokus dan konsisten dalam pencapaian tujuan.

7.       Melakukan perbaikan terus menerus
Setiap entrepreneur harus menyadari bahwa mereka itu dalam berbisnis harus fokus dalam perbaikan terus menerus untuk pencapain tujuan jangka panjang. Apalagi mereka perlu untuk memperbaiki tujuan jangka panjang tersebut agar sesuai dengan konteks lingkungan bisnis yang juga terus berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: