Musim liburan menjadi masa yang sangat penting bagi penjualan sebuah bisnis. Liburan akan mendatangkan orang-orang baru ke dalam bisnis.

Jika anda berhasil memberikan pelayanan berkesan buat mereka, maka mereka bisa menjadi pelanggan setia produk anda. Sebaliknya, mengecewakan mereka bisa membuatnya off untuk selamanya.

Tidak mudah memang untuk menjaga stamina layanan, apalagi di saat antrian panjang pembeli musim liburan. Musim liburan sering membuat pelanggan rewel dengan layanan yang lambat, gaduh dan tidak memuaskan. Panjangnya antrian di kasir saja sudah membuat mereka rewel, apalagi ditambah di tempat lainnya. Survei menunjukkan bahwa 70 persen konsumen menceritakan pengalaman pelanggan yang lebih buruk selama musim liburan di banding hari biasa. Sebagai pemilik bisnis, anda harus bisa memboost pelayanan di musim liburan.


Tips meningkatkan customer service di musim liburan:

Berikan contoh. Anda harus berada di lantai penjualan untuk menyapa dan melayani pelanggan, dengan sikap yang anda ingin karyawan melakukannya. Masuk ke toko lebih awal, sapa semua staf Anda dengan senyum, dan mengobrol ringan dengan mereka sambil menghirup secangkir kopi, tentang keramahan, telaten, rajin dan murah senyum kepada pelanggan. Keberadaan anda bersama mereka dengan contoh pelayanan lebih kuat dari terikan dari belakang meja kerja.

Mengelola staf musiman. Menggunakan bantuan karyawan musiman, harus dipastikan jadwal mereka bersama staf berpengalaman. Tempatkan dua atau tiga orang baru di samping staf pengalaman anda. Membiarkan lantai penjualan hanya diisi oleh karyawan musiman bisa menjadi “bencana", yang bisa membuat pelanggan mempertanyakan komitmen kualitas Anda. Tidak sigapnya pelayanan dari karyawan musiman sering membuat pelanggan kesel dan meninggalkan toko anda.

Lampaui harapan pelanggan. Siapkan anggaran lebih untuk mengirim bunga atau memberikan hadiah tak terduga kepada pelanggan. Liburan adalah momen tahunan, lebih dari yang lain, di mana kita bersentuhan dengan banyak pelanggan. Sangat penting bahwa mereka mengalami pengalaman menyenangkan sehingga akan mendorong untuk datang kembali.

Berdayakan staf yang ada. Karyawan senior memiliki kekuatan pengambilan keputusan untuk melakukan apa pun untuk menyenangkan pelanggan. Anda tidak perlu melakukan kegiatan membosankan untuk menceramahi mereka. Mereka tau pasti tentang produk, tentang kebutuhan penjualan, tentang apa yang harus didapatkan setiap musim liburan tiba terkait produk-produk mereka.

Berikan bonus staf Anda. Memberikan bonus dan penghargaan penjualan pada hari-hari sibuk ketika karyawan Anda dapat kehilangan waktu dengan keluarga dan teman akan sangatlah berkesan. Lelah dan tetesan keringat yang lebih banyak di musim liburan kan segera berlalu dan berubah menjadi menyenangkan. Penghargaan, dimanapun dan kapanpun kan selalu menjadi spirit yang kuat, dan pelayanan yang mereka berikan menjadi prima. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: