Sudah hampir 70 tahun Koperasi di orasikan di Indonesia, akan tetapi semakin lama Koperasi semakin berkembang dan yang mengkhawatirkan, sistem di Koperasi ini keluar dari jalur nilai dan prinsip Koperasi yang seutuhnya.


Jika hal ini terus di biarkan, besar kemungkinan mindset Koperasi yang tidak terlalu baik di kalangan masyarakat akan semakin terpupuk dan menjadi warisan pengetahuan yang kurang baik. Reformasi Koperasi memang menjadi solusi, bukan hanya di suarakan oleh pelaku dan pemerhati Koperasi itu sendiri. Lebih dari itu, harus muncul sinergi dan aksi untuk mewujudkan Koperasi yang utuh.


Koperasi di orasikan dengan nilai-nilai utuh yang mengerucut kepada meminimalisir ketimpangan taraf hidup antar anggotanya (primer), dan sekala sekunder dari Koperasi ini jelas yang dituju merupakan kesejahteraan rakyat, karena Koperasi sendiri merupakan ekonomi kerakyatan yang di harapkan menjadi soko guru perekonomian dei Negara kita.


Jika kembali kepada nilai dan prinsip, banyak yang berasumsi Koperasi tidak akan berkembang jika tidak berinovasi! Hal ini tidak bisa di salahkan, karena memang tepat sekali bahwa Koperasi harus berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Penyesuaian ini seharusnya bisa berjalan tanpa tidak mengurangi sedikitpun nilai-nilai dan prinsip dasar Koperasi seperti kemandirian, gotong royong dan lain sebagainya yang mencerminkan budi luhur dan persatuan Negara kita.


Kenyataan mengenai Koperasi memang sulit untuk di pecahkan, akan tetapi bukan berarti tidak bisa di pecahkan. Sinergi aksi atau Kolaborasi pentahelix merupakan sebuah terobosan guna mempercepat rebranding Koperasi itu sendiri, karena untuk perubahan memerlukan dukungan dari banyak pihak guna mencapai tujuan sesingkat singkatnya.


Pengerucutan dari hal ini, saya mengajak Akademisi, bisnis, komunitas, Pemerintah dan media untuk menyamakan suara mengenai reformasi Koperasi menjadi lebih baik lagi, Karena ke 5 unsur ini merupakan unsur vital yang mencakup kehidupan sehari hari. Kolaborasi ini akan di mulai dari Jawa Barat, yang sejauh ini telah mendapat dukungan dari berbagai unsur pentahelix tersebut.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: