Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas sharing bisnis yang selalu kang Meriza sampaikan dalam rubrik tanya jawab ini. Meskipun bentuknya adalah jawaban atas pertanyaan entrepreneur yang disampaikan kepada akang, akan tetapi, bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi kami, para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Apa yang dihadapi oleh teman-teman entrepreneur juga menjadi masalah kami.

O iya kang, untuk lingkungan bisnis yang selalu berubah dan juga menghadapi Pasar Bebas ASEAN, sudah seringkali dibahas oleh guru ataupun pebisnis lainnya. Akan tetapi, apa yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur agar bisa memenangkan persaingan nantinya? hal ini penting bagi saya dan teman-teman entrepreneur lainnya karena berhubungan dengan akan masuknya pesaing dari negara lain.

Mohon saran dan pencerahan dari akang agar bisa menjadi bekal bagi kami selaku entrepeneur dalam berbisnis. Atas jawaban dan tanggapan yang akan berikan, kami ucapkan terima kasih. Sukses terus ya kang.
Wassalam
Dindin S, Bandung

Waalaikum salam
Terima kasih atas doanya dan juga buat Dindin, sukses terus karena itu adalah hak kita dan oleh karena itu, kita harus bekerja dan berdoa untuk menggapai sukses tersebut. Rubrik ini memang ditujukan sebagai media pembelajaran bagi entrepreneur dalam membangun bisnis untuk sukses. Bisnis entrepreneur harus bisa memberikan manfaat lebih kepada diri sendiri dan juga banyak orang lain.

Bicara tentang pasar bebas ASEAN, memang sudah menjadi bahasan nasional dan setiap entrepreneur diharapkan memiliki kesiapan mental, pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang benar dalam berbisnis. Oleh karena itu, saya selalu menekankan kepada entrepreneur bahwa setiap entrepeneur itu harus menjadi ahli strategi bagi bisnis mereka masing-masing. Tidak ada alasan untuk tidak jadi ahli strategi.

Kenapa demikian? Bisnis itu bukanlah aktivitas rutin yang tidak mengalami perubahan. Beda sekali dengan aktivitas lainnya yang mungkin saja tidak berubah. Lain halnya dengan bisnis  yang notabene akan berubah dikarenakan bisnsi tersebut berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi setiap saat. Tentu dampaknya kepada bisnis menjadi besar berupa ancaman yang akan membuat bisnis entreprneur merugi.

Oleh karena itu, entrepreneur harus bisa membuat keputusan yang bersifat stratejik dengan memperhatikan perubahan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dan pada akhirnya membuat pilihan yang mampu memberikan value yang paling optimal bagi perusahaan dalam artian bisa mencapai profit, people, planet, berkelanjutan dan tumbuh serta berkembang sesuai dengan yang diharapkan.


Disinilah entrepreneur perlu menyadari esensi bisnis mereka, kemudian menganalisis posisi bisnsi mereka saat ini, membuat visi dan misi yang jelas untuk jangka panjang serta membuat program yang berhubungan dengan manajemen keuangan, pemasaran, proses bisnis dan juga sumber daya manusia dalam perusahaan mereka. Pada akhirnya, melakukan evaluasi atas capaian atau kinerja bisnis tersebut. Inilah yang perlu dilakukan oleh entrepreneur untuk bisa memenangkan pasar bebas. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: