Assalamualaikum Bapak meriza,


Senang sekali saya mendapatkan kesempatan untuk menuliskan pertanyaan yang sudah lama mengganjal dibenak saya kepada Bapak. Saya menyadari, rubrik yang Bapak bina sangat memberikan inspirasi bagi saya dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Apalagi seiring dengan perubahan lingkungan bisnis seperti sekarang. 


Dalam beberapa diskusi dengan para pelaku usaha, selalu dibilang bagaimana mencapai keunggulan bersaing untuk tetap bisa mencapai kinerja usaha yang baik, berupa profitabilitas usaha. Hal ini penting karena profit menjadi “bahan bakar” usaha kedepannya. 


Akan tetapi, dengan perubahan lingkungan berupa pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar, menurunnya daya beli masyarakat, naiknya harga bahan baku, naiknya ongkos produksi, tentu membuat biaya dalam setiap usaha menjadi tinggi. Apakah masih mungkin pak? Mencapai keunggulan bersaing tersebut?


Inilah yang menjadi pertanyaan saya kepada Bapak. Apa yang harus saya lakukan saat ini? Terima kasih 


Wassalam 


Deni ramdhani 


Bandung 








Wassalamualaikum Kang Deni


Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan oleh Kang Deni karena tentunya sangat relevan dengan kondisi bisnis yang terjadi saat ini. Perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat sehingga pastinya berdampak kepada bisnis yang dijalankan. Saya sepakat dengan apa yang akang sampaikan, pengaruhnya tidak saja ke aspek perusahaan saja, akan tetapi juga berpengaruh kepada supplier, distributor serta konsumen. 


Hal inilah yang juga dialami oleh para siswa serta binaan GIMB Foundation. Banyak yang mengeluh dengan kondisi saat ini. Akan tetapi, bagi saya, tidak boleh mengeluh karena inilah “seninya” menjadi seorang entrepreneur yang harus menghadapi setiap perubahaan lingkungan yang terjadi. 


Menjawab pertanyaan akang, tentu keunggulan bersaing atau yang lebih dikenal dengan competitive advantage haruslah menjadi kata kunci entrepreneur saat ini. Apalagi dalam situasi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat. Kang deni tetap harus menjaga keunggulan dari para pesaing. 


Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencapai keunggulan bersaing adalah dengan menggunakan teknologi informasi atau yang lebih dikenal dengan IT. Hal ini perlu menjadi perhatian utama buat para entrepeneur saat ini karena dengan memanfaatkan IT, akan bisa mengurangi biaya yang melekat dengan proses bisnis kita. 


Apa buktinya? Hal yang sangat relevan dengan bisnis adalah internet. Pemanfaatan internet perlu menjadi perhatian kang Deni saat ini. Internet bisa menjadi media yang dapat membantu pencapaian efisiensi yang tinggi. banyak anak muda yang memanfaatkan internet untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. termasuk juga dengan anak-anak binaan serta siswa GIMB Foundation. Tentunya harus disesuaikan dengan bisnis kang Deni juga. Apalagi dengan berkembanganya smartphone yang dapat juga berkontribusi pada efisiensi bisnis tersebut. akhirnya, tentu bisnis akang akan jauh lebih efisien dari pesaing yang mungkin masih belum memanfaatkan IT dalam proses bisnisnya. Sukses ya kang. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: