Aslm Kang Meriza


Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri saya, nama saya Dara Kusuma dan saat ini saya baru menyelesaikan kuliah saya di jurusan manajemen. sejak mahasiswa, saya sudah merintis usaha dan saat ini sudah mulai berkembang menjadi bisnis dengan skala menengah. Alhamdulilllah sehingga bisa membangun usaha seperti ini.


Namun demikian, seiring dengan pertumbuhan bisnis, saya sudah memiliki delapan orang karyawan dan semuanya adalah lulusan sekolah menengah atas atau sederajat. Mereka itu lebih banyak bekerja pada bagian operasional sehingga dalam bekerja, sebenarnya mereka itu cukup ulet dan kinerjanya juga bagus. Akan tetapi, saya terkendala ketika say aharus meninggalkan kantor dikarenakan urusan pekerjaan.


Oleh karena itu, saya mohon masukan dari Kang Meriza apa yang harus saya lakukan karena tidak mungkin semua pekerjaan yang bersifat konseptual harus ada disaya semua.. Demikian pertanyaan saya dan atas tanggapan coach, terima kasih.


Wassalam


Dara Kusuma


Bandung





Waalaikum salam Dara


Luar biasa.... seorang anak yang baru lulus sudah memiliki bisnis dengan skala menengah dan terlebih lagi, Dara sudah memulai usaha ini sejak kuliah yang notabene sebagian orang masih beranggapan bahwa waktu kuliah itu lebih banyak belajar, belajar dan belajar. Tetapi, lain halnya dengan Dara yang sudah berbisnis dan sampai saat ini masih berjalan dan bahkan berkembang skala bisnisnya.


Hal ini biasa dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis ketika skala bisnisnya naik, mereka akan terkendala dengan karyawan yang bekerja dengan mereka karena dulu bisa jadi mereka tidak perlu memiliki karyawan yang harus bisa berfikir konseptual seiring dengan pertambahan beban bisnsi yang harus dikerjakan. Sementara, hal itu tidak bisa dilakukan oleh para karyawan yang sudah bekerja lama.


Oleh karena itu, diperlukan kemampuan coaching dan mentoring bagi seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan membentuk karyawan mereka, apalagi yang berlatar belakang pendidikan SMA atau sederajat. Diperlukan coaching dari Dara untuk bisa mengarahkan mereka dalam mencapai tujuan bersama, apalagi tujuan bisnis. Jadilah seorangpelatih bagi mereka sehingga mereka bisa bekerja efektif.


Satulagi adalah bagaimana bisa menjadi seorang mentor karena mereka itu membutuhkan knowledge, skill dana ttitude yang penting untuk mengambil keputusan. Dengan menjadi mentor, akan memudahkan dan mempercepat mereka bisa melakukan apa yang kita harapkan kepada mereka, apalagi ketika membuat keputusan yang bersifat stratejik.


Inilah yang harus dilakukan setiap entreprenur dlaam meningkatkan kompetensi setiap karyawan merka yaitu coaching dan mentoring dalam konteks bisnis yang sudah mereka lakukan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: