Di era persaingan bebas yang tak lama lagi akan kita jelang, tidak ada lagi strategi yang harus ditunjukan pada diri kita sebagai wirausahawan, kecuali dengan menunjukkan nilai tambah yang akan mencirikan keunggulan kita dari yang lainnya.  Untuk itu saat ini hanya diperlukan wirausahawan yang unggul, memiliki daya saing (kompetitifness) dan diferensiasi yang tinggi yang mampu membedakan dirinya maupun produk/jasa yang dihasilkannya.


Wirausaha yang unggul dapat dicirikan dengan sebuah karakteristik yang dapat membedakan nilai lebih yang dihasilkannya, antara lain dengan menjadi seorang yang  Selalu Perspektif yang mampu menatap masa dengan dengan lebih optimis.  Dalam hal ini mereka selalu melihat ke depan dengan berpikir dan berusaha dan selalu memanfaatkan peluang dengan penuh perhitungan.  Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki persepektif dan pandangan akan masa depan. Karena memiliki pandangan jauh ke masa depan, maka ia akan selalu berusaha untuk berkarsa dan berkarya.   Kuncinya pada kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dengan yang sudah ada.  Walaupun dengan resiko yang mungkin dapat terjadi, seorang yang perspektif harus tetap tabah dalam mencari peluang tantangan demi pembaharuan masa depan.  Pandangan yang jauh ke depan membuat wirausaha tidak cepat puas dengan karsa dan karya yang sudah ada. Karena itu ia harus mempersiapkannya dengan mencari suatu peluang.


Wirausaha yang unggul adalah mereka yang sealu berfikir dan memiliki kreativitas tinggi.  Dimana Kemampuan untuk berpikir yang baru dan berbeda, selalu berpikir sesuatu yang baru. Oleh karena itu, kewirausahaan adalah berpikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru. Ide-ide kreativitas sering muncul ketika wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda. Dengan demikian, kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada.  Rahasia kewirausahaan adalah dalam menciptakan nilai tambah barang dan jasa terletak pada penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan meraih peluang yang dihadapi setiap saat.   Berinisiatif ialah mengerjakan sesuatu tanpa menunggu perintah. Kebiasaan berinisiatif akan melahirkan kreativitas (daya cipta) setelah itu melahirkan inovasi. 


Penting pula wirausaha harus memiliki Perilaku Inovatif Tinggi, dimana menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah. Tetapi tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena setiap orang dalam proses belajar berwirausaha.   Ada tiga hal yang selalu dihadapi seorang wirausaha di bidang apapun, yakni hambatan , kesulitan dan imbalan atau hasil bagi kehidupan yang  memukau.


Seorang wirausaha yang unggul adalah mereka yang selalu komitmen dalam pekerjaan, memiliki etos kerja, dan tanggung jawab.  Seorang wirausahawan harus memiliki jiwa komitmen dalam usahanya dan tekad yang bulat didalam mencurahkan semua perhatianya pada usaha yang akan digelutinya.  Didalam menjalankan usaha tersebut seorang wirausaha yang sukses terus memiliki tekad yang mengebu-gebu dan menyala-nyala (semangat tinggi) dalam mengembangkan usahanya.  Ia tidak setengah-setengah dalam berusaha, berani menanggung resiko, bekerja keras, dan tidak takut menghadapi peluang-peluang yang ada dipasar.  Tanpa usaha yang sungguh-sungguh terhadap pekerjaan yang digelutinya maka wirausaha sehebat apapun pasti menemui jalan kegagalan dalam usahanya.


Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang wirausaha untuk komit terhadap usaha dan pekerjaannya, kalau ingin menjadi figur yang unggul dalam segala hal dan menemukan sebuah citra baik dalam dirinya untuk dapat teraktualisasi dalam menghasilkan produk/jasa yang memiliki keunggulan tersendiri tentunya.   Semoga kita sekalian selalu mampu memelihara sifat-sifat baik yang terus tertanam dalam jiwa dan semangat untuk menunjukkan yang terbaik dan keunggulan dalam usaha.  Sukses dan unggul selalu menikmati keberhasilan yang sudah menanti dengan menjadi wirausaha yang  kompeten dan selalu unggul dalam segala hal.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: