Menjadi entrepreneur, semakin terasa bahwa tugas yang harus dilakukan setiap saat adalah bagaimana memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan. pemasaran adalah aktivitas yang benar-benar dilakukan sendiri oleh entrepreneur karena konsumen itu sangat percaya kepada entrepeneur. Seringkali yang mereka lihat adalah owner nya daripada karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Hal ini sudah menjadi hukum bisnis dimana owner dari perusahaan seolah-olah sudah menjadi produk seorang entrepreneur.

1.       Tetapkan target pasar
Entrepeneur harus tegas dalam menetapkan target pasar yang akan dilayani dengan baik karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa fokus pada pasar yang jelas.

2.       Pahami konsumen dengan baik
Entrepreneur harus bisa memahami konsumen dalam konteks need, want dan demand mereka terhadap produk yang ditawarkan oleh entrepreneur. ini kunci sukses untuk membuat sebuah produk.

3.       Buat produk yang unggul
Entrepreneur itu akan selalu melakukan perbandingan dengan produk pesaing dan sejatinya entrepreneur membuat produk yang unggul sehingga bisa menjadi pilihan utama konsumen. Rasa senang dan puas adalah kunci yang harus diciptakan dan dijaga oleh entrepreneur dari setiap konsumen.

4.       Jaga emosi konsumen
Hal penting bagi entrepreneur untuk sukses dalam berhubungan dengan konsumen adalah menjaga emosi konsumen. Ini kunci sukses karena dengan emosi yang berhubungan dengan rasa yaitu rasa senang, rasa sedih, rasa kagum dan lain-lain. Ini penting untuk setiap entrepreneur menjaga emosi konsumen.

5.       Bangun komunikasi secara inten
Komunikasi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh entrepreneur dan hubungannya dengan konsumen, ini adalah kunci sukses bagi setiap entrepreneur. komunikasi yang dibangun dengan konsumen itu harus bisa bersifat informal dan formal.

6.       Lakukan evaluasi
Entrepreneur harus melakukan evaluasi atas hubungan dan komunikasi yang dibangun dengan konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan membandingkan antara tujuan dengan hasil  yang sudah dicapai oleh entrepreneur dari hubungan baik dengan konsumen tersebut.
7.       Lakukan perbaikan terus menerus
Entrepeneur harus melakukan perbaikan terus menerus atas hubungan yang sudah dilakukan dengan konsumen. Salah satu bentuknya adalah bagaimana terus memperbaiki kepercayaan atau trust dari setiap konsumen.


Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: