Assalamualaikum Pak meriza,
Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya Dodi Setyawan, dan saya sudah beberapa kali membaca rubrik yang bapak bina. Senang sekali mendapatkan pencerahan dari bapak. Terima kasih pak Meriza. O iya, bisnis saya adalah kuliner dengan membuka restoran yang merupakan bisnis keluarga. 

Akhir-akhir ini, saya tertarik untuk menambah cabang yang ketiga dari restoran kami. Dua restoran yang sudah jalan ini merupakan bisnis yang sudah dijalankan oleh orang tua selama 10 tahun. Akan tetapi, manajemennya belum tertata rapi, baik keuangan, pemasaran, produksi maupun sumber daya manusia. Masih sangat tradisional. 

Beberapa bulan ini, saya tertarik untuk menambah cabang karena saya sudah mendengar masukan dari teman-teman bahwa bisnis restoran sangat berkembang dan dengan bekal pengalaman selama 10 tahun, sudah layak untuk dibuka cabang lagi. Mohon saran dari Bapak. Saya berharap tidak salah dalam membuat keputusan. 

Wassalam
Dodi setyawan,  
Cimahi


Wassalamualaikum Kang Dodi
Senang sekali kang Dodi mendapatkan manfaat dari rubrik yang kami bina ini. Rubrik ini bertujuan untuk membagikan berbagai solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh para entrepreneur. Pelajaran bisa diambil dari permasalahan tersebut dan dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan yang juga dihadapi oleh teman-teman entrepreneur lainnya. Tetaplah menjadi pembalajar ya kang, karena bisnis itu selalu berubah. 

Menjawab pertanyaan kang Dodi, rasanya masalah ini tidak hanya dihadapi oleh akang saja. Seringkali saya mendapatkan pertanyaan yang sama tentang bagaimana menambah  cabang dari bisnis yang mereka jalankan. Dalam konteks bisnis, hal ini disebut dengan strategi ekspansi. Strategi ini adalah bagaimana seorang entrepreneur mengembangkan bisnis mereka, baik keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia. Semuanya akan kena dampaknya. 

Entrepreneur diharapkan harus hati-hati ketika memilih strategi ini, dalam konteks kang dodi, menambah cabang restorannya. Perlu dipertimbangkan cost and benefitnya, baik buat restoran yang sudah dibuka, maupun cabang yang akan dibuka. Apa yang harus dilakukan? Pertama, lakukan analisis lingkungan eskternal terlebih dahulu. Hal ini menyangkut pasar, pesaing, supplier kita, lingkungan politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi. Apakah ada peluang disana? Atau malah ancaman. 

Kedua, lakukan analisis terhadap lingkungan internal restoran Dody. Hal ini penting karena menyangkut kekuatan dan  kelemahan restoran. Fokuskan kepada aspek keuangan, pemasaran, proses bisnis dan juga karyawan. terlebih lagi adalah pada budaya perusahaan dan juga fasiitas pendukungnya. Dari sinilah ketahuan kekuatan atau malah kelemahan dari bisnis kang Dody. 

Berdasarkan informasi tadi, saya melihat manajemen restoran akang belum siap untuk melakukan ekspansi. Lebih baik, perbaiki dulu manajemen restoran yang ada, baik keuangan, pemasaran, operasi dan sdm. Setelah itu, barulah berfikir untuk melakukan ekspansi. Sukses ya....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: