Dalam pelajaran Belbiz, yang muda yang berbisnis, manajemen menjadi pelajaran  yang sangat penting yang harus diketahui dan dikuasai oleh entrepreneur karena selalu saya tekankan bagaimana bisnis itu akan jangka panjang. Tool yang harus digunakan adalah manajemen dimana entrepreneur harus mengetahui, memahami dan menggunakanmanajemen dalam bisnis tersebut.


Keterampilan utama yang harus dikuasai adalah conceptual skill dimana setiap entrepreneur harus bisa membuat konsep berupa rencana dalam bisnis mereka. Perencanaan adalah bentuk concept yang dibuat oleh entrepeneur. Perencanaan tersebut memiliki dimensi yang luas dan berperan sebagai acuan dan pegangan entrepreneur dalam berbisnis.


Untuk meningkatkan conceptual skill, seorang entrepeneur harus bisa menjadi seorang pembelajar atau learner dalam bidang bisnis yang mereka geluti. Belajar itu menjadi penting karena banyak pengetahuan  yang harus dikuasai agar dalam menjalankan bisnis, entrepreneur bisa membuat desain.


Belajar bisa dilakukan melalui membaca berbagai buku yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen. Tidak hanya buku, tetapi, bisa juga dari artikel, majalah dan internet. Hal ini akan bisa meningkatkan pengetahuan setiap entrepreneur.


Setelah dipelajari, entrepreneur perlu mengaplikasikan dalam bisnis mereka. Dalam konteks aplikasi ini, entrepreneur akan merasakan apa yang dipelajari tersebut benar-benar relevan dengan apa yang dialami di lapangan.


Banyak temuan dari aplikasi di lapangan ini dan sesuatu yang baru akan menjadi pengetahuan bagi entrepreneur. Inilah yang membuat entrepeneur akan semakin pintar dengan bisnis. Kalau boleh, inilah yang disebut dengan knowledge management yang membuat pengetahuan mereka semakin banyak dan luas.


So, conceptual skill ini perlu ditingkatkan dan pasti akan membuat bisnis mereka semakin besar dan besar. Salam belbiz....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: