Satu hal  yang paling penting bagi para entrepreneur saat ini adalah bagaimana bisa melihat perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat, tidak bisa dikontrol sampai dengan turbulensi. Tidak bisa dipungkiri bahwa keterlambatan dalam berfikir akan berdampak kepada bagaimana entrepreneur itu ketinggal dalam bisnis dan juga tidak bisa mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

1.       Pahami salah satu tujuan bisnis itu adalah jangka panjang serta tumbuh dan berkembang
Entrepreneur harus benar-benar melihat bisnis berbasis kepada tujuan yaitu bagaimana memberikan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

2.       Pahami bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah
Entrepreneur harus fokus memahami bahwa bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi sehingga berdampak kepada bisnis para entrepreneur berupa peluang dan ancaman.

3.       Setiap entrepreneur harus berfikir strategic
Entrepreneur dituntut untuk terus berfikir strategic untuk menghasilkan superior value bagi bisnis mereka. Ini ditandai dengan menganalisis lingkungan bisnis, merumuskan strategi, menjalankan strategi sampai dengan melakukan evaluasi dan kontrol.

4.       Kecepatan berfikir akan mampu membuat keputusan bisnis
Entreprenru harus berfikir cepat dalam menganalisi lingkungan bisnis serta membuat keputusan bisnis yang cepat dengan tetap mengacu kepada tujuan bisnis yang paling dekat yaitu TP = TR – TC, total profit yang dihasilkan dari peningkatan total revenue dan mengurangi total cost.

5.       Mengevaluasi
Evaluasi dalam kerangka berfikit strategik yang cepat adalah membandingkan antara tujuan dengan capaian dari setiap strategi dan program yang sudah dijalankan oleh para entrepreneur dalam berbisnis.

6.       Melakukan perbaikan
Entrepreneur harus melakukan perbaikan atas hasil evaluasi yang sudah dilakukan dalam berfikit strategik yang cepat. Continues improvement menjadi kunci sukses para entrepreneur dalam berfikir strategik untuk terus fokus dalam mencapai tujuan bisnis. 

7.       Menganalisis kembali sebagai masukan dalam konteks berfikir strategic
Entrepreneur harus berfikir dengan siklus dimana temuan dari evaluasi akan menjadi masukan atau input untuk berfikir strategic karena ini akan memberikan masukan kepada proses manajemen strategik  yang ada di perusahaan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: