Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai tanggal 31 Desember 2015 adalah sebuah tahapan awal dalam bisnis tahun 2016 ini. jelas sekali bagaimana entrepeneur dituntut untuk bisa mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing dalam berbisnis ditengah tngkat persaingan yang semakin tinggi dari para pengusaha yang berasal dari negara-negara ASEAN dalam memperebutkan 620 juta jiwa manusia.

Oleh karena itu, setiap entrepreneur dituntut untuk bisa menerapkan hal-hal yang bersifat strategic dan taktik bagi bisnisnya agar tetap bisa mencapai sustainable competitive advatange keunggulan dalam berbisnis.

  1. Dalami kembali bisnis setiap entrepreneur
Hal ini menjadi relevan ketika entrepreneur benar-benar harus bisa memahami bisnis dengan optimal dalam artian knowing your business sebagai sesuatu yang harus menjadi dasar untuk besaing. Belajar terus tentang bisnis dan keunggulannnya dibanding pesaing.

  1. Kenali semakin mendalam setiap konsumen.
Hal ini dapat dilihat dari need, want dan demand konsumen yang selalu berubah sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis.

  1. Entrepreneur perlu memahami pesaing dan strategi yang diterapkan dan yang akan digunakan oleh pesaing.
Karena sejatinya pesaing akan memberikan superior value kepada konsumen dan ini menjadi dasar nantinya untuk masuk ke tips ke empat

  1. Membuat produk yang dapat membuat superior value.
Ini menjadi tanggunjawab setiap entrepreneur yaitu bagaimana produk yang mereka buat itu harus jauh lebih unggul dibandingkan dengan pesaing yang diterima oleh setiap konsumen.

  1. Entrepreneur itu membangun hubungan jangka panjang dengan setiap konsumen.
Setiap entrepreneur harus diperhatikan sampai mereka puas dan loyal karena ada potensi yang dimiliki oleh setiap konsumen dimana yang loyal itu akan melakukan pembelian ulang, membeli varian produk yang lain, memberikan rekomendasi serta menolak pesaing.
  1. Melakukan evaluasi secara berkala
Kegiatan membangun ini harus dievaluasi secara berkala oleh setiap entrepreneur dalam bisnisnya.

  1. Melakukan perbaikan atas terus menerus.
Entrepreneur dituntut untuk terus melakukan perbaikan terus menerus agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur itu sendiri yaitu sustainable competitive advantage agar profit, people, planet, sustainable serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar di tengah tingkat persaingan di MEA ini. 

Inilah beberapa tips Strategic Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: