Salah satu asset yang paling berharga seorang wirausaha selain brand atau merek adalah karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Sejatinya, seorang wirausaha memiliki karyawan yang sudah menjadi asset atau disebut dengan human capital. Memang wirausaha perlu mengenal perkembangan mindset seorang manajemen kepada karyawan mulai dari personalia, human resources, strategic human resources sampai dengan human capital.

Hal ini menjadi penting ketika wirausaha berhadapan dengan persaingan yang semakin tinggi dengan pelaku usaha lainnya karena semuanya fokus dalam mengembangkan berbagai ide, kreativitas, inovasi sampai dengan komitmen yang tinggi untuk membuat bisnis mereka mencapai sustainable competitive advantage.

1.       Rubah persepsi tentang seorang karyawan
Hal ini bersifat mendasar bagi setiap wirausaha ketika mengelola karyawan dalam perusahaan. persepsi itu menjadari dasar dalam membuat keputusan dan program yang berhubungan dengan karyawan

2.       Kenali tujuan karyawan
Wirausaha perlu mengenal tujuan mereka mendapatkan karyawan. jelas yang menjadi indikator karyawan bagi perusahaan adalah bagaimana tingkat produktivitas karyawan yang berupa perbandingan antara output dan input menjadi penting. Disinilah diharapkan setiap karyawan akan dapat memberikan produktivitas yang seoptimal mungkin dan mereka puas serta loyal kepada perusahaan.

3.       Kenali karyawan secara mendalam
Oleh karena itu, wirausaha perlu mengenal setiap karyawan secara mendalam untuk membuat mereka bisa diketahui apa yang mereka butuhkan, inginkan dan kemampuan untuk memberikan apa yang diharapkan oleh manajemen.

4.       Kembangkan potensi dan passion karyawan
Hal ini berhubungan dengan apa yang ada dalam setiap diri karyawan dan apa yang mereka senangi. Inilah yang menjadi dasar bagi wirausaha untuk difikirkan dan dikembangkan. Ketika mereka bekerja sesuai dengan potensi diri dan passion, maka akan membuat setiap orang bahagia. Pengembangan ini dapat dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan diri karyawan serta model coaching, mentoring serta conseling.

5.       Berikan mereka fasilitas
Wirausaha bertanggungjawab untuk memberikan fasilitas pendukung, baik fisik maupun non fisik seperti kebijakan bagi mereka untuk berkembang.

6.       Berikan evaluasi
Lakukan evaluasi secara berkala terhadap karyawan yang sudah dikembangkan diri mereka selama bekerja di perusahaan.

7.       Lakukan perbaikan
Ini yang tidak kalah penting yaitu bagaimana wirausaha dituntut untuk melakukan perbaikan secara terus menerus untuk dapat mencapai titip optimal dari setiap orang dalam perusahaan. Dalam konteks ini, wirausaha diharapkan membuat dan menjalankan aturan yang jelas tentang hak dan kewajiban karyawan dalam perusahaan dengan mempertimbangkan kompetensi dan potensi mereka serta aturan dalam perusahaan

Inilah beberapa tips human capital yang pastinya harus dimiliki dan dilakukan oleh entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: