Seiring dengan perkembangan bisnis yang dialami oleh para entrepreneur, tentu hal yang harus dipahami bahwa bisnis mereka harus mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi. Ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa dihindari dimana banyak sekali pesaing yang berkepentingan. Oleh karena itu,

1.       Kenali business process
Setiap entrepreneur diharapkan benar-benar mengenali proses bisnis atau business process mereka sehingga terpetakan dengan detail. Ketika business process sudah tergambarkan, maka akan memudahkan membangun kerangka berfikir dalam setiap diri entrepreneur.

2.       Analisis business process
Business process tersebut harus dianalisis oleh setiap entrepreneur agar bisa diketahui tingkat efektifitas dan efisiensi proses bisnis dalam mencapai tujuan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

3.       Detailkan buat SOP perusahaan
Business process yang sudah ada dibuatkan Standard Operating Procedures atau SOP agar bisa dijalankan oleh entrepreneur dengan baik. SOP yang semakin detail akan menjadi fondasi untuk membuat bisnis bisa dihubungkan dengan sistem manajemen yang akan digunakan oleh para entrepreneur. inilah konteksnya sistem manajemen dalam bentuk software.

4.       Kenali software bisnis
Entrepreneur mulai mengenali beberapa software yang berhubungan dengan bisnis yaitu berhubungan dengan keuangan, pemasaran, business process dan juga sumber daya manusia. Ada banyak software yang ada dan bisa menjadi pilihan entrepreneur untuk membangun ERP dalam bisnis setiap entrepreneur.

5.       Hubungkan dengan proses bisnis setiap entrepreneur.
Sudah menjadi tanggungjawab setiap entrepreneur melihat relevansi proses bisnis dengan software yang mereka ketahui. Ini penting karena diharapkan menjadi pilihan terbaik bagi setiap entrepreneur dalam meningkatkan kinerja bisnis sehingga competitive advantage atau keunggulan bersaing dapat dicapai.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: