Aslm Pak Meriza,
Pertama-tama, perkenalkan nama saya Arya, dan saya berbisnis melanjutkan usaha orang tua yaitu properti. Bisnis yang saya jalankan sudah dijalankan oleh orang tua sejak tahun 1995 an. Akan tetapi,  banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang tercecer sehingga saya harus belajar diawal lagi. 

Kan Bapak selalu berbisnis dengan basis knolwedge atau pengetahuan. Dan pengetahuan itu bisa berasal dari perjalanan bisnis orang tua saya. Akan tetapi, saya kurang mendapatkan pengetahuan dari orang tua saya. Hal ini karena orang tua saya tidak melakukan pencatatan dengan baik, atas apa yang mereka lakukan dulu. Saya yakin Pak, orang tua saya berhasil dalam bisnis ini memiliki dasar yang kuat. 

Oleh karena itu, apa yang harus saya lakukan pak. Terima kasih atas jawaban dari Pak Meriza.
Wassalah
Arya B.
Bandung

Wassalamualaikum wr. Wb.

.

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan oleh Arya. Sangat menarik untuk membahas bisnis yang dijalankan  adalah melanjutkan bisnis orang tua. Artinya, bisnis tersebut sudah teruji dan memiliki pengetahuan yang kuat. Cuma, memang ada juga gap antara pebisnis yang melanjutkan dengan para pendirinya, yaitu orang tua

Apa yang harus dilakukan sekarang? Kami di STRABIZ Management Bandung selalu mencanangkan bagaimana berbisnis tersebut dengan knowledge atau pengetahuan. Maknanya adalah kami berkomitmen bahwa untuk menumbuhkembangkan bisnis tersebut, harus berdasarkan pengetahuan. Apa saja pengetahuan yang harus dimiliki? 

Kami mengembangkan pengetahuan untuk beberapa pengetahuan dasar yaitu entrepreneurship, creativity dan innovation, bisnis dan lingkungan bisnis, manajemen, manajemen stratejik,manajemen keuangan dan akuntansi, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia. 

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, itu semua sebenarnya sudah dilakukan oleh para pendiri bisnis, termasuk orang tua Arya. Sekarang bagaimana? Dalam konteks ini, saya menyarankan Arya untuk melakukan knowledge management. Konsepnya adalah bagaimana mengelola setiap pengetahuan yang ada dan relevan dengan bisnis yang arya jalankan. 

Ada siklus yang harus dilakukan yaitu pertama creating. Disini kita mendapatkan pengetahuan dari orang tua tadi. Galilah pengetahuan dari mereka. caranya? Perbanyaklah diskusi dengan mereka. selain itu, setiap masalah lakukan diskusi dengan mereka agar mendapatkan pengetahuan dari mereka. hal ini penting sekali. 

Kedua, structure. Hal ini berhubungan dengan pencatatan dan penstrukturan dari pengetahuan yang didapat dari orang tua. Seringkali kita mendapatkan pengetahuan yang tidak terstruktur dari orang tua. Karena mereka juga berfikir dan menyampaikan pengetahuan secara tidak struktur. 

Ketiga, sharing. Hal ini dilakukan dengan membagikan pengetahuan yang didapatkan dari orang tua tersebut kepada manajemen perusahaan kita. Hal ini penting agar pengetahuan yang kita dapatkan bisa juga didapatkan oleh para manajemen dan karyawan. 

Keempat, applying. Dalam konteks ini, bagaimana pengetahuan yang didapatkan dari orang tua dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis property arya. Inilah yang harus diperhatikan oleh arya dalam menjalankan bisnis orang tua. Tentu juga, arya terus belajar dari berbagai orang sukses dan buku karena perlu kita sadari, bisnis sekarang berbeda dengan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh orang tua. Sukses selalu..... 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: