Bisnis itu adalah sebuah proses dan intinya akan sangat terasa ketika entrepreneur fokus pada proses bisnis yang ada dalam perusahaan mereka. Proses bisnis yang dimulai dari SIPOC yaitu supplier, input, process, output dan juga consumer. Proses ini menjadi sebuah siklus yang sangat menentukan bagaimana keberlanjutan bisnis setiap entrepreneur kedepannya.

1.       Membangun pemahaman bahwa bisnis itu adalah sebuah proses
Bisnis itu adalah sebuah proses yang harus dilewati oleh setiap entrepreneur dan ini harus dipahami dengan baik agar entrepreneur bisa fokus mengembangkan setiap bagian dari proses yang ada.

2.       Proses bisnis itu membutuhkan pengetahuan
Ingat, proses bisnis itu membutuhkan pengetahuan untuk kemajuannya. Ingat, proses bisnis itu akan berhubungan dengan TP = TR – TC dan fokusnya di minimalisir biaya yang melekat pada perusahaan. perlu diketahui, bahwa biaya terbesar ada di operasi dan disinilah seorang entrepreneur harus memanfaatkan pengetahuan untuk proses bisnis.

3.       Pengetahuan yang paling penting adalah melalui knowledge management
Entrepreneru harus memanfaatkan knowledge management atau manajemen pengetahuan dalam proses bisnis yang selalu bergerak dan tidak berhenti. Knowledge management berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu mengelola pengetahuan mulai dari Create, Structure, Share sampai dengan apply.

4.       Mencatat semua proses yang ada dan dianalisis
Setiap proses bisnis harus dicatat dan dianalaisi dampaknya. Tentu yang akan keliatan adalah dampak positif dan juga dampak negatif.

5.       Menetapkan sebuah solusi
Entrepreneur harus membuat sebuah keputusan untuk memberikan solusi kepada perusahaan dalam proses bisnis yang ada. Keputusan ini akan menjadi dasar bagi karyawan untuk menjalankan proses bisnis.

6.       Share dan menggunakan dalam proses bisnis.
Entrepreneur harus bisa berbagi informasi kepada karyawan tentang temuan dan digunakan dalam proses yang ada sehingga masalah yang terjadi tidak akan terulang lagi.

7.       Evaluasi dan perbaiki
Selalu dalan konteks manajemen, seorang entrepreneur harus melakukan evaluasi atas setiap proses bisnis yang terjadi dengan membandingkan antara tujuan dengan realisasi atas apa yang sudah dicapai. Kemudian, melakukan perbaikan secara terus menerus atas apa yang sudah direncanakan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: