Kemaren siang sampai sore, pertemuan dengan salah satu binaan yang berbisnis fashion memberikan pelajaran yang luar biasa. Pelajaran yang berhubungan dengan bagaimana kekuatan mindset yang benar untuk menjadi seorang pebisnis sukses untuk mencapai tujuan bisnis yang selama ini sudah ditetapkan yaitu bagaimana bisnis tersebut menghasilkan profit, memberikan manfaat bagi banyak orang (people), menjaga kelestarian alam (planet), berkelanjutan (sustainability) serta tumbuh dan berkembang.

Pada dasarnya, beliau adalah entrepreneur muda yang masih berusia 24 tahun. Produk yang dihasilkan juga bukan produk biasa yang sudah familiar bagi banyak orang. Akan tetapi, produk yang masih asing untuk konsumen. konsekuensinya adalah bagaimana dia harus memberikan edukasi kepada konsumen.

Dalam konteks bisnis, saya melihat produk tersebut masih pada tahapan introduction yaitu produk yang masih di tahap perkenalan. Produknya belum terlalalu dikenal oleh konsumen. Jelas, tuntutan kepada entepreneur untuk bisa mengenalkan produk tersebut.

Akan tetapi, dia bisa fokus kepada produk ini dan Alhamdulillah, sudah mulai dikenal dan permintaan juga mulai naik. Luar biasa, konsistensi dia memperkenalkan produk dan mulai mendapatkan hasil. Lalu, apa lagi pelajaran yang bisa diambil?

Membuat SOP
Kemaren, dia mau fokus kepada pembuatan SOP atau standard Operation Procedure dalam bisnis. Asli, saya jadi kaget dan bertanya-tanya. Kok bisa ya, seorang anak muda yang masih di awal bisnis, sudah kepikiran untuk membuat SOP?

Dalam kenyataannya, seringkali saya mendapatkan fakta bahwa banyak entrepreneur yang belum sadar dengan SOP tersebut sehingga buat apa sih membuat SOP? Hanya mengeluarkan biasa tambahan dan belum pasti juga diterapkan dalam bisnis... nah lho...

Hal ini jelas bertolak belakang dengan entrepreneur tadi. Akan tetapi, saya ingat bahwa saya selalu mengajarkan kepada binaan nuntuk mendalami proses bisnis yang ada dalam perusahaan sehingga tertanam dalam diri mereka untuk memperhatikan proses bisnis. Kenapa demikian?

Karena entrepreneur harus memegang pernyataan time freedom dan financial freedom dimana harus ada kebebasan uang dan kebebasan waktu yang didapat oleh setiap entrerpeneur. Oleh karena itu, mereka harus memperhatikan proses bisnis melalui pembuatan SOP.

Keberadaan SOP ini akan membantu entrepreneur untuk menyusun bisnis nya untuk jangka panjang. Hal ini penting karena bisnis membutuhkan sistem manajemen yang bisa membuat bisnis berjalan secara sendiri dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan tadi. Kemudian, entrepreneur bisa membuat bisnis yang berdasarkan ukuran-ukuran yang jelas. Hal ini merupakan salah satu aspek yang penting dalam aspek manajemen perusahaan.

Rasanya, pelajaran dari teman entrepreneur ini perlu mendapatkan perhatian setiap entrepreneur untuk mulai memperhatikan SOP dalam bisnis untuk mengelola seluruh aktivitas bisnis yaitu manajemen keuangan dan akuntansi, manajemen pemasaran, proses bisnis dan juga sumber daya manusia... caranya? cata apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicatat dan terus lakukan perbaikan.... 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: