Assalamualaikum wr. Wb. 
Bagaimana kabar kang Meriza minggu ini? semoga sehat dan sukses ya. Rasanya akang selalu sibuk dan penuh aktivitas. O iya, terima kasih kalau akang bisa menjawab pertanyaan yang saya sampaikan ini karena saya salah seorang yang mengikuti program ILB senin kemaren, tanggal 23 Desember 2013. 

Memang akang bilang sebagai pembicara tambahan sembari menunggu kang Deden. Akan tetapi, bagi saya, materi yang akang sampaikan luar biasa karena sangat mendasar bagi setiap entrepreneur seperti saya. saya sering juga mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, baik lokal maupun nasional. 

Setiap lomba yang saya ikuti, selalu kalah dan tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis saya. terkadang, saya menjadi down ketika mengetahui saya kalah dalam kompetisi tersebut dan membuat bisnis saya seringkali terbengkalai. Saya tidak ingin terjadi lagi dengan bisnis saya tersebut. 

Apalagi ketika pada babak pertama, saya sudah tersisi dalam lomba tersebut. dampaknya luar biasa bagi setiap aktivitas bisnis saya. oleh karena itu, saya mohon saran dari akang bagaimana sebaiknya saya melihat setiap kompetisi bisnis yang saya ikuti. 

Atas jawaban yang akan berikan, saya mengucapkan terima kasih dan semoga akang sehat dan sukses selalu dikemudian hari serta terus mau berbagi pengetahuan dengan entrepreneur lainnya.
Wassalam, 
Rita, Bandung

Waalaikum salam Rita.
Terima kasih atas doanya. Semoga sehat dan terus berbagi adalah doa saya juga setiap saat karena itu adalah karunia yang paling berharga dalam kehidupan ini. sekali lagi, terima kasih yang Rita. 

Saya tidak menyangka materi yang saya berikan senin kemaren memberikan kesan yang luar biasa terhadap Rita. Saya rasa, ini adalah bagian pemahaman atas knowledge management yang saya berikan kemaren. Teruslah mengelola setiap pengetahuan yang kita dapatkan dari luar ataupun dari dalam perusahaan kita. 

Menyangkut kompetisi yang diikuti, jangan melihat kompetisi tersebut hanya untuk mencapai menang saja. Akibatnya, pasti kita akan sangat kecewa ketika kita kalah dalam kompetisi atau perlombaan tersebut. hal ini memang akan berdampak negatif dalam proses bisnis setiap entrepreneur. istilahnya kecewa dan membutuhkan waktu untuk recovery nya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kompetisi tersebut bisa meningkatkan pengetahuan kita terhadap bisnis dan lingkungan bisnis kita sendiri. adanya pengukuran atas knowledge, skill dan kualitas bisnis kita sendiri dibandingkan dengan pesaing lainnya. Hasilnya akan menjadi knowledge baru bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Pengetahuan-pengetahuan baru tersebut akan sangat bermakna ketika bisa mengelolanya secara optimal. Oleh karena itu, perlu juga diperhatikan jenis kompetisi yang diikuti agar bisa relevan dengan bisnis kita. hal ini penting karena menyangkut pengetahuan yang relevan dengan bisnis Rita sendiri. lomba ide bisnis, lomba business plan dan sejenisnya akan sesuai dengan bisnis tersebut. jadi, tetaplah fokus untuk ikut lomba yang relevan dengan bisnis kita. sukses ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: