Entrepreneur harus benar-benar bisa memberikan image yang positif dibenak konsumen tentang produk-produk mereka. Menjadi tanggungjawab setiap entrepreneur untuk terus menerus membangun image sehingga akan mengikuti proses AIDA, attention, Interest, Desire dan Action dalam benak setiap konsumen. attention itu bagaimana orang memberikan perhatian kepada produk, Interest yaitu mereka tertarik, Desire dimana mereka berminat sampai dengan Action mereka membeli produk.

1.       Memahami bahwa bukan promosi sekarang, tetapi, komunikasi
Sudah terjadi perubahan paradigma setiap entrepreneur yaitu bagaimana program promosi sudah tidak relevan lagi, akan tetapi, berubah menjadi komunikasi dua arah antara entrepreneur dengan konsumen yang harus dilakukan secara terus menerus.

2.       Menetapkan target pasar yang jelas
Target pasar  yang jelas akan membuat entrepreneur dapat memetakan apa yang harus dibutuhkan dan diinginkan serta permintaan terhadap produk yang dihasilkan entrepreneur. jelas sekali ini penting bagi setiap entrepreneur.

3.       Memahami need, want dan demand
Entrepreneur perlu memahami need, want dan demand setiap konsumen dan pastinya akan menjadi dasar untuk mengkomunikasikan produk kepada target pasar. kebutuhan itu bersifat mendasar dan akan diiringi oleh keinginan sampai dengan kemampuan daya beli mereka terhadap produk itu sendiri.

4.       Memahami keunggulan produk masing-masing entrepreneur
Entrepreneur perlu didukung oleh keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing. Konteks differensiasi untuk produk dari para entrepreneur adalah kunci sukses mendapatkan perhatian konsumen dan memilih produk tersebut untuk dibeli.

5.       Membuat pesan, memilih media
Entrepreneur membuat pesan  yang menarik dan mudah dipahami oleh setiap target market. Pesain disesuaikan dengan target market,  keunggulan produk dan memilih kata yang paling tepat dengan pasar.

6.       Melakukan komunikasi terus menerus
Entrepreneur perlu melakukan komunikasi secara terus menerus kepada target market dengan metode komunikasi  yang terintegrasi dimana semuanya mereka diarahkan untuk dapat mencapai setiap targer market memiliki image yang positif.

7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan
Ini yang harus dilakukan entrepreneur yaitu melakukan evaluasi atas hasil komunikasi dengan konsep AIDA sampai dengan hasil yang di dapatkan oleh entrepreneur dengan produk mereka masing-masing. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: