Assalamualaikum
Kang Meriza, perkenalkan nama saya Dini dan saat ini berbisnis kuliner. Saya ingin bertanya kepada akang tentang bisnis café yang dimiliki oleh teman saya.Beliau minta tolong kepada saya untuk membantu mengembangkan café tersebut yang sudah dijalankan beberapa waktu yang lalu, tetapi masih belum optimal.

Berdasarkan pengamatan dan riset kecil-kecilan yang saya jalankan, didapatkan bahwa café ini sebenarnya sudah memiliki produk yang baik untuk dijual berupa makanan dan juga layanan yang sudah ditingkatkan dari manajemen dan juga pelayan.Belum lagi tempat yang menurut saya sudah baik dengan menampilkan pemandangan yang menarik dan cocok bagi anak muda untuk makan dan menikmati keindahan alam.

Namun demikian, ada satu masalah yang dihadapi yaitu bagiaman meningkatkan pengunjung ke café ini karena seringkali sepi dan berdampak kepada revenue perusahaan yang masih relatif rendah dibandingkan dengan café-café lainnya di Bandung. Tentu hal ini bertentangan dengan konsep bisnis yang selama ini akan bahas dalam rubric ini yaitu bagaimana bisnis tersebut harus bisa menghasilkan laba.

Teman saya juga sudah melakukan langkah-langkah yang optimal dalam mengelola café ini dan banyak hal lainnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung.Tetapi, hasilnya masih dibawah harapan manajemen.
Mohon kiranya masukan dari kang Meriza untuk kemajuan café ini dan atas tanggapan dan saran dari akang, saya mengucapkan terima kasih.
Wassalam,
Dini

Waalaikum salam The Dini.
Waaah..senang sekali mendengar kabar bahwa teteh sudah menjalankan bisnis dan sekarang membantu teman untuk mengembangkan bisnis teman berupa café. Ini tidak mudah karena tidak semua orang bisa memberikan waktu, tenaga, fikiran  dan pengetahuan mereka kepada orang lain ditengah kesibukan menjalankan bisnis masing-masing. Sekali lagi, luar biasa teteh dan semoga sukses selalu.

Bicara tentang bisnis, jelas, setiap entrepreneur dituntut untuk bisa melakukan kegiatan yang namanya komunikasi dengan para konsumen mereka. Inilah factor kritis yang harus diperhatikan karena produk yang baik, tidak akan diketahui oleh orang lain bila tidak dikomumikasikan kepada orang yang tepat, dengan cara yang tepat, pesan yang tepat, alat yang tepat serta waktu yang tepat oleh setiap entrepreneur.

KOmunikasi dengan konsumen itu berhubungan dengan bagaimana membuat konsumen itu mengetahui produk kita (attentinon), tertarik dengan produk kita (interest), berminat untuk membeli (desire) dan juga langsung melakukan pembelian (action) atau yang seringkali disingkat dengan konsep AIDA.Inilah yang harus The Dini perhatikan dalam mengembangkan café tersebut.

Oleh karena itu, pesan, media adalah dua hal yang penting dalam membuat komunikasi dengan para konsumen. Beberapa aspek lainnya adalah mission yaitu apa tujuan dari komunikasi tersebut. Apakah Attention, interest, desire ataupun action. Setelah itu, perlu juga ditetapkan anggaran dan orang yang bertanggung jawab dalam komunikasi dengan konsumen.Jadi, ada mission, message, media, money dan man dalam kerangka komunikasi café tersebut.


Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur ketika membangun bisnis, khususnyacafe.Tidak cukup mendirikan café, tanpa juga mengkomunikasikan kepada orang. Ingat, uang entrepreneur itu sejatinya ada di konsumen, so….. kejarlah konsumen dan kasih tahu mereka bahwa ada café dengan keunggulan seperti yang dimiliki oleh café teman teteh tersebut…. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: