Assalamualaikum Kang Meriza

Apa kabar Kang Meriza? Semoga akang berada dalam keadaan sehat dan terus bersedia untuk berbagi ilmu dengan entrepreneur. pelajaran yang sangat berharga yang bisa kami dapat dari rubrik tanya jawab di www.strategidanbisnis.com ini. saya selalu mengikuti rubrik akang ini.

Usaha saya bergerak di rental konsultan bisnis dan mengkhususkan diri di bidang pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha ini saya jalankan bersama teman dan saat ini sudah memiliki karyawan sebanyak lima orang. Semuanya berlatar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

hanya beberapa karyawan yang berlatar belakang pendidikan manajemen sehingga pemahaman mereka terhadap pekerjaan yang dijalankan juga berbeda-beda padahal konsep bisnis yang saya jalankan adalah jasa. Rasanya, berdasarkan tulisan-tulisan akang sebelumnya, kunci sukses dalam bisnis jasa adalah people.

Bagaimana cara meningkatkan knowledge, skill dan attitude seluruh anggota tim saya agar mereka bisa bekerja secara efektif dan efisien serta memberikan value yang optimal bagi saya dalam menjalankan usaha ini.

demikian saya sampaikan dan terima kasih atas masukan dan saran dari kang Meriza untuk permasalahan yang saya hadapi ini.

Wassalam

Keukeu
Bandung

Wassalam
Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami dan kami sangat menghargai apa yang sudah teteh jalankan dalam bisnis tersebut. perlu diketahui bahwa apapun jenis bisnisnya saat ini, baik untuk manufaktur ataupun jasa, sekarang ini sangat menggantungkan bisnis mereka kepada jasa/service  yang diberikan kepada para konsumen.

memang salah satu key success factor dalam berbisnis saat ini adalah people atau karyawan dari perusahaan dalam menjalankan proses bisnis sampai dengan menyampaikan produk kepada konsumen. People menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis saat ini.

Ada tiga hal yang mempengaruhi kualitas layanan karyawan kepada konsumen yaitu knowledge mereka tentang perusahaan, produk serta konsumen itu sendiri. ini penting karena knowledge tersebut mempengaruhi dua aspek lainnya. Kowledge tentang bisnis dan perusahaan serta produk penting karena mereka bisa menyadari keunggulan perusahaan dan produk dibanding pesaing.

Skill adalah aspek kedua yang penting bagi karyawan karena berhubungan dengan keterampilan mereka menjalakan pekerjaan serta melayani konsumen. Aspek ketiga adalah sikap mereka dalam bekerja seperti tanggungjawab dan lain-lain.

Untuk meningkatkan ketiga hal di atas, diperlukan pelatihan yang berkesinambungan dari teteh sebagai owner. Latihlah mereka terus menerus dan berikan arahan kepada mereka. konsistensi dan kontinuitas dalam memberikan pelatihan mereka menjadi sangat penting agar benar-benar bisa diketahui, dipahami, dihayati dan dijalankan oleh mereka dalam bekerja. selanjutnya, dilakukan perbaikan dalam setiap aktivitas tersebut. sukses buat teteh ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: