Assalamualaikum
Pa kabar kang Meriza, semoga akang sehat dan selalu diberikan kemudahan untuk sharing pengetahuan bisnis kepada para entrepreneur muda. Rubrik tanya jawab ini sungguh memberikan manfaat bagi saya untuk menjalankan bisnis. Sekali lagi, terima kasih kang dan sukses buat kita semua.

Saya baru membuat produk yang berhubungan dengan kuliner yaitu kripik. Memang di Bandung, kripik sudah banyak dan terkesan pasarnya sudah jenuh. Banyak pemain dalam industri kripik ini, akan tetapi, sesuai dengan apa yang akan sharing selama ini, tentu masih ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan bagi produk saya.

Saya berencana untuk melaunching produk tersebut. Mohon saran dari akang baiknya untuk melakukan launching karena saya tidak mau terjebak dengan hal-hal yang seremonial dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itulah pertanyaan saya ke akang dan semoga akang berkesempatan memberikan tanggapan.
Wassalam
Ghifar


Waalaikum salam Ghifar.
Selamat ya kang Ghifar.. sudah berani membuat sesuatu yang baru untuk bisnis yaitu dengan berbinis Kripik. Bagi saya, luar biasa keberanian akang untuk berbisnis dan berencana untuk launching produk tersebut. memang, untuk pebisnis yang awal, launching produk akan menjadi salah satu critial moment untuk berhasil dalam bisnis tersebut. keberhasilan atau kegagalan entrepreneur menjadi indikator bagaimana moment product launching yang dilakukan oleh mereka.

Oleh karena itu, perlunya setiap entrepreneur memperhatikan beberapa hal, pertama, target pasar yang dituju harus jelas. Tentu hal ini berhubungan dengan segmentasi yang dibidik oleh mereka. Target pasar itu harus jelas, jumlahnya besar, tumbuh dan juga bisa dicapai oleh produk-produk yang akan dilaunching.

Kedua, Produk yang dihasilkan tentu harus bisa memenuhi need, want dan demand serta kepentingan para calon konsumen. apa itu? Jelas mereka membutuhkan QCDS dimana produk itu harus memiliki kualitas yang tinggi, cost atau biaya yang relatif rendah, delivery time yang sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh entrepreneur kepada para konsumen serta service atau layanan yang diberikan kepada konsumen.

Ketiga, barulah fokus kepada program launching yang akan dilakukan untuk produk Kang Ghifar. Untuk hal ini, perlu diperhatikan momentum yang tepat agar sesuai dengan tematik dari produk itu sendiri. jadi, aspek time atau momentum juga harus menjadi perhatian. Jangan sampai salah dalam menentukan momentum itu sendiri. siapa yang lebih tahu? Tentu Kang Ghifar sendiri karena lebih tahu juga tentang target market.

Keempat menggunakan komunikasi yang tepat dengan target market. Hal ini berhubungan dengan bagaimana Kang Ghifar menentukan mission atau tujuan launching yang tepat yang biasanya adalah attention dari target market. Demikian juga dengan message atau pesan yang sesuai dengan target market, anggaran yang tepat dimana lebih baik low budget high impact serta tim yang tepat dan juga media yang tepat. Inilah yang harus menjadi perhatian kang Ghifar untuk melaunching produk ini. sukses ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: