Menjadi salah seorang binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau yang lebih dikenal dengan PKBL perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tidaklah mudah. Kenapa demikian? Karena memang ada persyaratan yang harus dimiliki yang secara mendasar, hampir sama dengan persyaratan yang diberikan oleh perbankan. Hanya saja, bunya hanya 6% dan selain itu, ada juga pembinaan yang diberikan oleh BUMN kepada para binaan.

Tujuanya adalah entrepreneur bisa berkembang bisnisnya dan pada tahun keempat, tidak lagi disupport oleh perbankan, akan tetapi langsung didukung oleh perbankan yang melihat bisnis entrepreneur tersebut layak atau tidak untuk didukung sesuai dengan persyaratan perbankan tentunya yaitu character, capital, condition, capability serta collateral. Inilah skema yang dikembangkan dalam program PKBL bagi para entrepreneur.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya bila seorang entrepreneur bisa mendapatkan kesempatan menjadi binaan PKBL bersyukur karena bisa melewati proses yang sudah ditetapkan dan juga menunjukkan bagaimana tingkat kepercayaan daripada stakeholder perusahaan mereka. Kepercayaan yang tidak mudah untuk dibeli. Tidak semua pihak bisa memberikan kepercayaan tersebut bila entrepeneur sendiri belum mampu menunjukkan kemampuan mereka, baik secara individu maupun secara bisnis.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh para entrepreneur ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari BUMN, apa itu? Bagaimana memanfaatkan kepercayaan tersebut bagi diri dan juga bisnis yang dijalankan. Inilah yang perlu diperhatikan. Pemanfaatan kepercayaan dengan menjadi binaan ini dapat dilakukan dengan beberapa hal yang pastinya akan berdampak positif kepada bisnis saat ini dan jangka panjang.

Pertama adalah dengan memanfaatkan kredit yang diberikan oleh program PKBL untuk kepentingan bisnis saja. Banyak hal yang bisa dikembangkan dari bisnis dan salah satunya bisa jadi untuk meningkatkan kapasita produksi dengan membeli mesin. Penambahan mesin akan dapat memberikan kontribusi positif bagi usaha para entrepreneur. ataupun juga menambah fasilitas distribusi seeprti motor untuk mengantarkan barang kepada para konsumen.

Jangan pernah menggunakan dana yang dipinjamkan oleh PKBL untuk kepentingan konsumtif karena itu tidak akan memberikan nilai tambah bagi bisnis para entrepreneur. sementara, pinjaman dan bunganya terus berjalan. Penting bagi entrepreneur untuk memahami tujuan penggunaan dari kredit tersebut.

Kedua, mengikuti setiap program yang diberikan kepada entepreneur. Pengurus PKBL BUMN sudah merancang berbagai program untuk mengembangkan bisnis para entrepeneur agar bisa meningkatkan value dari bisnis tersebut. Jangan salah, program itu sudah didesain bersama pihak ketga atau konsultan dan biasanya, mereka akan memberikan nilai yang optimal bagi para entrepeneur. oleh karena itu, manfaatkan kesempatan pelatihan ini.

Ketiga, biasanya, entrepreneur yang berhasil akan dipromosikan oleh perusahaan BUMN dan PKBL mereka karena mereka juga membutuhkan entrepreneru sebagai bagian dari message kepada stakeholder bahwa mereka juga sukses membantu dan mengembangkan binaan. Hal ini penting untuk diambil oleh para entrepreneur agar bisa dibantu dipromosikan melalui pameran ataupun liputan media dan bahkan masuk kedirektori perusahaan yang bisa dibaca oleh banyak orang dan stakeholder lainnya.


Keempat, promosikan juga diri entrepreneur bahwa memang menjadi binaan BUMN dengan cara memasang logo binaan BUMN apa ... disamping logo utama perusahaan sendiri. hal ini penting untuk meningkatkan image entrepreneur itu sendiri. inilah yang harus dimanfaatkan oleh para entrepeneur bila sudah menjadi binaan BUMN dan rasanya, rugi sekali bila tidak memanfaatkan fasilitas tersebut. sukses buat kita semua. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: