Menjadi sebuah perusahaan yang mampu mendapatkan value yang optimal dari pasar adalah cita-cita setiap entrepreneur untuk menggapai kesuksesan karena persaingan bisnis saat ini sudah begitu tinggi dan berdampak kepada pelaku usaha itu sendiri. Demikian juga dengan para entrepreneur yang membangun bisnis dari awal ataupun melanjutkan usaha dari orang tua. Produk tidak boleh lagi hanya dilihat sebagai sebuah barang atau jasa, akan tetapi sebagai sebuah value.

Oleh karena itu, entrepreneur diharapkan mampu memberikan superior value kepada setiap konsumen mereka. Beberapa hal dasar untuk itu adalah

  1. Gunakan konsep market driven
Dalam konteks ini, bagaimana entrepreneur harus bisa memahami dengan baik pasar sebagai basis atau dasar untuk membuat produkyang sesuai dengan permintaan pasar. jelas sekali tantangannya adalah bagaimana menghadapi pesaing juga karena merekalah yang menawarkan produk yang sama kepada pasar yang sama.

  1. Segmentasikan dulu pasar yang akan dilayani
Hal ini penting karena berhubungan dengan entrepreneur mau melayani pasar yang mana ketika pasar sudah dijadikan sebagai sumber untuk membuat produk yang sesuai dengan maunya mereka.  Mengelompokkan pasar sesuai dengan kesamaan yang mereka miliki yaitu geografi, demografi, psikografi sampai dengan perilaku yang menjadi kesamaan mereka.

  1. Targetkan pasar dengan tepat
Setelah segmentasi pasar yang jelas, tetapkan target pasar yang nota bene adalah bagian dari segmentasi pasar yang akan dipilih untuk dilayani oleh setiap entrepreneur.

  1. Buat produk yang sesuai dengan need, want dan demand pasar
Ini yang paling penting yaitu bagaimana membuat produk yang sesuai dengan need, want dan demand pasar.

  1. Evaluasi kepuasan konsumen
Entrepreneur harus bisa membuat evaluasi atas kepuasan konsumen yang pastinya menjadi tujuan setiap entrepreneur.

  1. Perbaiki terus produk
Entrepreneur tidak boleh puas dengan produk  yang ada sekarang karena mereka harus membuat produk yang lebih baik, lebih baik dan lebih baik.

  1. Puaskan lagi mereka agar loyal

Entrepreneur harus bisa memuaskan konsumen untuk bisa menerima produk agar mereka loyal kepada konsumen 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: