Assalamualaikum
Pa kabar kang Meriza, semoga akang sehat dan sukses selalu dalam bisnis dan karirnya. Saya juga berharap akang selalu bisa memberikan inspirasi, pengetahuan dan keterampilan kepada para entrepreneur muda di Jawa Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya karena dengan rubrik ini, banyak hal yang bisa didapatkan dan relevan dengan bisnis saya.

Saya sedang mengembangkan bisnis jasa dan berhubungan dengan konsultasi bisnis yang berbasis IT. Hal ini saya lakukan karena saya memiliki potensi untuk berbisnis ini yang relevan dengan pendidikan saya dan juga saya suka. Sudah saya buat model bisnisnya dan memberikan layanan kepada beberapa orang teman yang membutuhkan jasa saya. memang belum dibayar secara profesional sih.

Namun demikian, saya menghadapi masalah dimana orang tua saya kurang mendukung bisnis ini karena mereka beranggapan bahwa bisnis ini belum banyak dibutuhkan di Indonesia. Mereka berharap dapat melanjutkan bisnis mereka dibidang ritel yang berjual beli fashion di beberapa lokasi di Kota Bandung. Mohon saran dari akang dan terima kasih atas tanggapannya.
Wassalam
Galih

Waalaikum salam Galih .
Teirma kasih sekali atas doa yang disampaikan kepada saya dan insya Allah, rubrik ini akan selalu memberikan inspirasi dan pembelajaran kepada para anak muda untuk berbisnis. Memang banyak halyang perlu dikembangkan dari para entrepreneur khususnya yang berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude (KSA) untuk bisa membuat bisnis mereka profitable, bermanfaat bagi banyak orang, tidak merusak alam, sustainable dan juga tumbuh dan berkembang.

Bicara tentang bisnis yang dijalankan oleh Galih, saya mendukung untuk mengembangkan bisnis ini karena sudah sesuai dengan potensi diri dan juga passion yang menjadi dasar untuk kesuksesan setiap entrepeneur. Tidak semua orang memiliki fondasi seperti ini sehingga tentu akan berpengaruh terhadap bisnis yang mereka jalankan. Kedepannya, teruslah belajar untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude yang benar dalam berbisnis konsultan bisnis berbasis IT tersebut.

Menyangkut orang tua, saya menduga, orang tua Galih perlu mendapatkan penjelasan akan hakekat bisnis ini. bisa jadi mereka belum memahami dengan baik tentang bisnis konsultan bisnis berbasis IT. Pemahaman yang baik akan bisa mempercepat pengertian mereka terhadap peluang bisnis ini di kemudian hari. apalagi Galih sudah memiliki potensi diri dan juga passionnya.

Agar mereka juga merasakan manfaatnya, berikan pengalaman yang positif dan mengesankan dengan memberikan pengembangan bisnis ritel yang dijalankan orang tua. Hal ini penting karena akan memberikan value bagi Galih sendiri dan juga bisnis orang tua serta pemahaman mereka terhadap apa yang dilakukan. Perlakukan mereka seolah-olah konsumen yang memang membutuhkan solusi untuk bisnis yang sedang berjalan.

Inilah yang perlu dilakukan dalam artian, tidak perlu merubah bisnis atau mengganti bisnis hanya karena orang tua kurang setuju. Dalam konteks ini, hanya perlu penjelasan dan pembuktian kepada orang tua sehingga mereka akan menyadari bahwa bisnis ini memang sesuai dengan passion dan potensi diri Galih serta memiliki peluang untuk berkembang dikemudian hari. sukses buat kita semua.....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: